AMBON, Siwalimanews – Bawang merah menjadi salah satu komoditi unggulan baru di kabupaten dengan tajuk Kalwedo.

Sasaran kerja program pokok PKK Kabupaten Maluku Barat Daya adalah dengan membuat berbagai terobosan dan inovasi salah satunya dengan pemberdayaan komoditi unggulan seperti bawang merah.

Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Maluku Barat Daya, Relly Noach seusai panen perdana bawang merah hasil budidaya PKK Desa Yamluly Kecamatan Pulau Lakor mengatakan PKK bersinergi dengan pemerintah deerah mengembangkan ekonomi masyarakat.

“Tim Pengerak PKK Kabupaten Maluku Barat Daya, dalam berbagai program dibidang ketahanan pangan keluarga selalu memanfaatkan sumber daya alam yang ada di bumi Kalwedo,” kata Relly.

Upaya PKK Desa Yamluly, menurutnya dalam upaya membudidayakan bawang putih akan berdampak positif dan dapat menjadi contoh bagi desa desa lainnya di Maluku Barat Daya.

Baca Juga: Bupati Harap Masyarakat Miliki Kesadaran tentang Lingkungan

Kedepannya dirinya mengharapkan ada kerja sama dengan stage holder setempat untuk pengembangan hingga pemasaran hasil panen. “Komoditi pangan dalam hal ini bawang merah, menjadi komoditas unggul serta utama dan menjadi ikon Maluku Barat Daya.Ini mampu dan dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional,” jelasnya.

Untuk diketahui Pulau Lakor berhasil membuat terobosan baru dengan mengembang­biakan bawang merah di Desa Yamluli. Dan untuk pertama kalinya, Kabupaten Maluku Barat Daya melakukan panen raya bawang merah.

Komoditi tersebut berhasil di kembang biakan oleh tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Pulau Lakor. (S-39)