AMBON, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tutuk Tolu, Kian Darat dan Siritaun Wida Timur.

Dalam kunjungan itu bupati bersama rombongan menyerahan bantuan bagi warga yang terdampak bencana banjir rob beberapa waktu lalu sembako.

Dalam Kegiatan ini bupati didampingi sejumlah pimpinan OPD sekaligus meninjau keadaan masya­rakat yang terdampak banjir rob.

Banjir rob melanda sejumlah desa seperti Danama, Desa Kian, Desa Geser, Desa Keta dan Desa Kianlaut Kecamatan Siritaun Wida Timur, Sabtu (16/7).

Sedikitnya puluhan rumah dilapor­kan terendam akibat naiknya permu­kaan air laut ke pemukiman warga di Kecamatan Tutuk Tolu, Kecamatan Kiandarat dan Kecamatan Seram Timur dan Kecamatan Siritaun Wida Timur.

Baca Juga: Dilengserkan, Kader Partai Demokrat Nyaris Adu Jotos

Diberitakan sebelumnya banjir rob menyebabkan sembilan rumah warga di Desa Danama, Kecamatan Tutuktolo, Kabupaten SBT rusak berat.

Paristiwa itu terjadi sejak Sabtu 16 Juli namun sampai sekarang warga terdampak bencana di desa tersebut belum memperoleh bentuan dari pemerintah daerah setempat.

Yajuba Rumodar salah satu warga setempat mengucapkan selain sembilan rumah rusak air pasang laut juga merendam beberapa rumah warga yang lain yang berada di bibir pantai.

Menurutnya saat ini warga sangat membutuhkan bantuan penanggulangan bencana dari pemerintah daerah.

“Sampai sekarang belum ada bantuan yang datang. Harapannya pemerintah daerah turun melihat kondisi masyarakat dan rumah-rumah yang kemasukan air laut kemarin,” ujar Yakuka, Selasa (19/7).

Diketahui selain Desa Danama, banjir rob yang terjadi pada Sabtu 16 Juli lalu juga menghantam rumah warga di beberapa desa lainnya seperti Desa Nama, Desa Kian Laut dan Desa Ketta.

Sejumlah rumah warga yang berada di bibir pantai dilaporkan tersendam air laut dengan ketinggian rata-rata mencapai 50 cm.

Warga terdampak banjir rob yang berada di desa-desa tersebut juga membutuhkan bantuan pemerintah untuk penanggulangan dampak bencana. (S-09)