AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 200 personel Satuan Brimob Polda Maluku dikirim mengamankan ibukota negara Jakarta. Ratusan personel ini tugasnya memback up Polda Metro Jaya dalam rangka tugas pengamanan unjuk rasa dari elemen buruh dan mahasiswa.

Upacara pelepasan ratusan per­sonil ini dilakukan dalam apel pem­berangkatan personel Satbrimob yang dipimpin Kapolda Maluku, Irjen Pol. Baharudin Jafar, Minggu (11/10) bertempat di Lapangan Apel Chr. Tahapary.

Dalam arahannya, Kapolda menga­takan kehadirannya memim­pin upacara untuk melepas para personel Brimob Polda Maluku yang akan berangkat melaksanakan tugas BKO ke Polda Metro Jaya dalam ra­ngka pengamanan unjuk rasa sesuai perintah Kapolri.

Jenderal bintang dua ini meng­ingatkan kepada danyongas, para dankigas serta danton sebagai ko­mandan pasukan agar senantiasa memperhatikan para anggotanya saat melakukan tugas dan selalu mengawasi setiap pergerakan para anggota. “Bagi para anggota agar meng­ikuti perintah komandan yang telah memberikan arahan dalam melak­sanakan tugas pengamanan aksi unjuk rasa dan tetap selalu beriba­dah kepada Allah SWT Tuhan YME,” ujar kapolda.

Kapolda mengingatkan ratusan personel Brimob Polda Maluku itu untuk menalankan dengan baik dan ikhlas tugas saat pengamanan unjuk rasa serta lakukan secara persuasif dan humanis karena masyarakat yang berunjuk rasa adalah saudara sendiri bukan sebagai musuh.

Baca Juga: Mahasiswa Masohi Demo Tolak UU Omnibus Law

“Keinginan saya selaku Kapolda Maluku, personel yang berangkat BKO dari Ambon ke Jakarta berjumlah 200 orang dan harus kembali dalam kondisi sehat dengan jumlah yang sama,” kata Kapolda.

Ia meminta para anggota menjalin komunikasi dengan baik dengan sesama para petugas dari internal Polri maupun dari personel TNI ketika bertugas di ibukota Jakarta.

“Tetap semangat dalam bertugas tanamkan pada jiwa diri masing-masing, bahwa jiwa ragaku untuk kemanusiaan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kesehatan dan keselamatan bagi kita semua,” pesan Kapolda.(S-39)