BULA, Siwalimanews – Pelaksana tugas Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Seram Bagian Timur  Ilham Hoedrawi, menghimbau kepada masyarakat SBT terutama di Kota Bula agar selalu tertib dalam membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

“Sebenarnya penanganan persampahan di Kota Bula ini baru berjalan sejak Dinas Lingkungan Hidup ini ada. Namun sampai hari ini, kita juga memang belum mampu mencapai kualitas kerja yang maksimal,” ujar Ilham, kepada Siwalimanews di ruang kerjannya, Kamis (6/4).

Untuk itu kata ilham, pihaknya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, sebab telah diupayakan secara rutin pada setiap  jalur tempat pembuangan sampah semnetara serta pemukiman penduduk yang ada di Kota Bula akan ditangani. Namun, semua itu akan tercapai dengan maksimal, jika saja ada pertisipasi masyarakat yang mendukungnya, itu yang sangat dibutuhkan,” ujar Ilham.

Apalagi saat ini, dinas yang dipimpinya ini telah membangun tempat pembuangan sementara, seperti bak sampah maupun tong sampah. Dengan adanya TPS-TPS tersebut, maka sangat diharapkan, masyarakat dapat membuang smapah ke dalam TPS yang disediakan, sehingga tidak berserakan dijalanan, akibat dibawah oleh hewan ternak seperti sapi, kambing dan lainnya.

Namun, jika amsyarakat tertib dan miliki kesadaran yang sungguh untuk membuat indah kota ini dengan membuang smapah pada tempatnya, maka tentu  proses pengangkutannya oleh armada sampah untuk dibawah ke tempat pembuangan akhir akan lebih mudah sebab petugas kebersihan tidak perlu memungut lagi sampah-sampah yang berserakan.

Baca Juga: Gandeng Komnas HAM, Polda Selidiki Bentrok Hitu Wakal

“Kasihan juga bahwa banyak tenaga tenaga kebersihan di Kota Bula adalah pekerjaan yang menjadi pilihan terakhir. Untuk itu mari kita bertoleransi bahwa mereka bekerja kita membantu dengan tertib membuang sampah pada tempatnya,” pinta Ilham.

Walaupun demikian, ia mengaku, sampah bukan saja menjadi persoalan di SBT, namun Maluku pada umumnya, untuk itu guna mengatasi maslaah ini butuh keterlibatan semua pihak, bukan hanya pemerintah, sebab tanpa keterlibatan semua orang, maka mustahil apa yang diharapkan dapat tercapai.

“Kita menginginkan seperti kota  Bali,  Sidoarjo dan lain lain, tidak akan tercapai kalau masyarakat tak punya kesadaran,” tandasnya.

Pada kesmepatan itu Ilham juga menyampaikan terimakasih kepada warga SBT yang telah dengan penuh kesadaran membayar retribusi sampah, demi meningkatkan PAD.

“Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat telah bersedia untuk membayar retribusi persampahan, untuk itu akan kita tingkatkan pelayanan semoga keinginan kita bersama jadikan Koota Bula dan SBT pada umumnya sebagai kota yang bersih dan indah bisa tercapai,” harapnya. (Mg-1)