NAMROLE, Siwalimanews – Wakil Menteri Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional, Sur­ya Tjandra, meresmi­kan pusat pelayanan per­­ta­nahan perwakilan Kantor Pertanahan Kabu­­paten Bursel, Jumat (26/2).

Selain peresmian yang di pusatkan di aula Kantor Bupati, Wamen dan rombongan turut mengunjungi lahan per­siapan pembangunan Kantor Pertanahan Ka­bu­paten Bursel.

Di sela-sela peresmian itu Wamen mengatakan, pemerintah pusat men­dukung rencana pemba­ngunan Kantor Perwa­kilan ATR/BPR yang ada di Bursel.

“Olehnya itu, kami ha­rapkan kepada pemda agar dapat memper­hati­kan master plan dan tata ruangnya,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya kantor perwaki­lan ini, dapat mem­per­mudah pelayanan pe­ngu­rusan sebuah serti­fikat tanah, sehingga masyarakat di kabupaten ini tak perlu lagi me­langkah jauh ke Ka­bupaten Buru.

Baca Juga: MPH Sinode Gereja Protestan Maluku Diteguhkan

Sementara itu, Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa dalam sambu­tannya yang dibacakan Plh Sekda, Ahmad Sahu­bawa mengatakan, mas­yarakat Bursel merasa sangat terbantu, dengan adanya program pemerintah melalui kegia­tan pendaftaran tanah sistimatis lengkap yang sampai ke desa-desa terpencil di daerah ini.

“Dengan adanya Kantor Pelaya­nan Pertanahan, akan memperlancar program pembangunan daerah, meningkatkan perekonomian rakyat, memperoleh jaminan perlindungan hukum dan mengurangi serta meng­atasi sengketa pertanahan di dae­rah,” ujar Tagop.

Pada kesempatan itu Tagop me­lalui Plh Sekda juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wa­men dan rombongan di Bursel dalam rangka meresmikan kantor pelaya­nan pertanahan sekaligus mengun­jungi lahan persiapan pembangunan kantor baru perwakilan. (S-35)