AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, melantik dan mengambil sumpah 9 anggota Saniri Negeri Hative Kecil periode 2022-2028, Rabu (7/12).

Walikota pada kesmepatan itu meminta saniri negeri yang baru dilantik, kiranya dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara baik, sesuai aturan yang berlaku, salah satunya, adalah mewakili masyarakat untuk mengawasi pelaksanaan tugas dari raja atau kepala pemerintahan negeri, dan bersama-sama dengan raja untuk menyusun anggaran pendapatan dan belanja negeri, serta melakukan perencanaan secara baik untuk seluruh kebutuhan negeri.

“Selaku pemkot, kami juga berharap seluruh saniri, dalam pelaksanaan tugasnya jangan ada perpecahan. Kita ketahui pada setiap negeri ada saja terjadi demikian, tetapi saya berharap, disini tidak, harus kompak, terutama dalam rapat perdana untuk memilih kepengurusan, baik ketua dan lainnya itu,” pinta saat melantik anggota saniri di Kantor Negeri Hative Kecil.

Pasalnya kata walikota, dengan adanya kekompakan kata walikota, maka seluruh pemerintahan negeri ini tentu akan berjalan dengan baik. Kepada unsur pimpinan/ketua terpilih nantinya, agar tidak semena-mena dalam pengambilan keputusan.

Walikota juga mengingatkan, dalam pengambilan keputusan, harus melalui musyawarah bersama anggota saniri negeri.

Baca Juga: Laturiuw: Percuma Sandang Status Ambon Kota Music

“Jangan ambil keputusan sendiri, harus memenuhi quorum 2/3 dari jumlah anggota, dan pengambilan keputusan sah jika setengah ditambah satu orang anggota memiliki suara yang sama. Itu harus dipahami. Jika ada yang keluar dari itu, tim pendampingan, mulai dari staf ahli, asisten, Kabag Pemerintahan, Kabag Hukum dan camat, lakukan evaluasi dan berikan teguran, jika perlu, dibekukan,” tegas walikota.(S-25)