AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikot Ambon Bodewin Wattimena meminta dukungan dari DPRD untuk menyesaikan 11 program prioritas yang telah diprogramkan.

Dalam rapat paripurna ke-9 masa sidang I tahun 2023 di ruang sidang utama DPRD Kota Ambon, Jumat (6/1) walikota menyampaikan banyak hal termasuk penanganan sampah.

Selama ini pemerintah telah berupaya untuk menjadikan Kota Ambon yang bebas sampah. Segala upaya telah dilakukan, namun terkendala kurangnya armada.

“Salah satu kebijakan prioritas adalah Ambon bersih. Kita terken­dala keterbatasan armada,” kata walikota.

Menurutnya di tahun 2023, Pem­kot Ambon sudah melakukan pe­ngadaan alat transportasi untuk membantu petugas kebersihan di lapangan.

Baca Juga: Keberadaan Raja bisa Mengakomodir Kepentingan Warga

“Kami sementara berupaya agar dalam tahun ini dapat penambahan armada 3 unit truk pengangkut sampah, karena saya akan berusaha semaksimal mungkin,” janji walikota.

Orang nomor satu di Kota Ambon itu juga berharap agar DPRD mendukung 11 kebijakan prioritas yang sementara dilaksanakan.

Untuk diketahui, 11 kebijakan prioritas walikota Ambon yakni konsolidasi internal birokrasi, penataan manajemen pengelolaan ke­uangan dan aset daerah, iden­tifikasi data dan penyelesaian hutang.

Selanjutnya, singkronisasi program penurunan angka kemiskinan, peningkatan pendapatan asli daerah, peningkatan kualitas pe­layanan publik, peningkatan la­yanan perizinan dan non perizinan, penyelarasan arah kebijakan pembangunan Kota Ambon dengan pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi, perwujudan Ambon bersih.

Kemudian fasilitasi pemilihan walikoa dan wakil walikota Ambon tahun 2024, menjaga netralitas ASN, mendukung kebijakan pemerintah pusat dan Provinsi Maluku dalam penanganan pandemi Covid-19.(S-25)