PIRU, Siwalimanews – Bupati Moh. Yasin Payapo meng­ha­rapkan kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) di Kabupaten SBB untuk dapat memanfaatkan dana alokasi khusus (DAK) Tahun 2020 ini dengan baik.

“Saya sangat harapkan itu, de­ngan sisa waktu kurang dari 4 bulan ini, program DAK fisik dapat dise­lesaikan dengan baik dan sesuai de­ngan apa yang direncanakan, serta penting bagi pengguna,” ungkap bu­pati dalam sambutannya, saat mem­buka sosialisasi DAK fisik jen­jang TK, SD dan SMP, yang disele­nggarakan Dinas Pendidikan SBB, di Gedung Hatu Telu, Rabu (2/9).

Diungkapkan, mekanisme pelak­sa­naan DAK fisik bidang pendidi­kan dilakulan secara swakelola sehi­ngga pertama-tama harus melalui perencanaan sampai selesainya pe­kerjaan, dan menjadi tanggung ja­wab penuh Kepsek penerima DAK.

“Pihak sekolah harus mengikuti petunjuk operasional. Untuk itu se­lesainya sosialisasi ini Kepsek se­gera membentuk panitia pembangu­nan sekolah atau P28 lewat musya­warah dan mufakat. Panitia pemba­ngunan sekolah terdiri dari unsur guru, komite serta masyarakat sekitar,” katanya.

Dalam melaksanakan program pembangunan sekolah maupun rehabilitasi yang dibiayai dari DAK, kata bupati, wajib berpegang teguh ke­pada peraturan perundang-unda­ngan.

Baca Juga: Bolos, Bripka Riupassa Dipecat

“Saya minta Kepsek penerima DAK fisik harus baca aturan sehi­ngga dapat memahami petunjuk teknis dan petunjuk operasional pe­ngelolaan dan penggunaan DAK bidang pendidikan tahun 2020,” pintanya.

Menurutnya, peningkatan mutu layanan pendidikan melalui pemenu­han sarana dan prasarana belajar pa­da setiap satuan pendidikan sesuai standar nasional. Pendidikan saat ini belum terpenuhi seluruhnya. Dan menjadi tanggungjawab bersama pemrrintah pusat sampai ke daerah.

“Pemerintah terus berupaya untuk memenuhinya dan melalui program DAK fisik pendidikan yang sudah ber­langsung sejak 2003, sedikit demi sedikit sudah dapat memenuhi sebagai dari sarana dan prasarana pendidikan jenjang TK, SD, dan SMP,” ujarnya.

Bupati berharap kiranya semua Kepsek di SBB dapat menjadikan  mo­mentum ini untuk memper­sembahkan yang terbaik bagi kabu­paten ini,” kata bupati. (S-48)