AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, kembali diingatkan untuk fokus menyelesaikan persoalan kemacetan di kawasan Pasar Mardika dan sekitarnya.

Pasalnya, sampai dengan saat ini masih terdapat kemacetan di sepanjang areal Pasar Mardika yang diakibatkan, belum maksimalnya penataan kepada para pedang kaki lima .

Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Jantje Wenno kepada Siwalimanews di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (28/2) menjelaskan kemacetan yang terjadi dipasar mardika bukan masalah baru.

Kemacetan seperti ini telah terjadi berpuluh tahun dan belum mampu diatasi oleh Pemerintah Kota Ambon, khususnya terkait dengan penertiban PKL yang berjualan pada bahu-bahu jalan.

“Kemacetan yang sering terjadi di Mardika ini kan diakibatkan karena penataan PKL yang belum maksimal dilakukan oleh pemkot,” ujar Wenno.

Baca Juga: Pekan Depan KPU Maluku Gelar Pleno Rekapitulasi Suara

Wenno mengaku, persoalan pedagang di Pasar Mardika ini terjadi, akibat keterbatasan gedung pasar yang tidak sebanding dengan jumlah pedagang yang berjualan.

Untuk itu, penjabat walikota dan jajaran harus mencari alternatif untuk menertibkan pedagang yang berjualannya di badan-badan jalan, sebab ini yang menjadi penyebab utama kemacetan.

“Prinsipnya kita ingatkan penjabat walikota dan jajaran untuk menertibkan pedagang yang berjualan di bahu-bahu jalan, agar tidak terjadi kemacetan,” tandas Wenno.

Wenno menegaskan, sepanjang penataan PKL belum maksimal dilakukan, maka kemacetan di Mardika tidak akan terselesaikan.(S-20)