AMBON, Siwalimanews –  Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena memastikan, pada 30 September 2022 nanti dirinya akan melantik Raja Negeri Urimessing.

“Tanggal 30 nanti saya akan lantik Raja Negeri Urimesing. Itu sudah diusulkan oleh Saniri Negeri untuk dilantik,” ungkap walikota usai menjalankan program WAJAR di Balai Kota, Jumat (23/9).

Setelah Urimesing lanjut Walikota, akan disusul untuk negeri-negeri lainnya yang hingga kini masih berproses, termasuk Passo dan Batu Merah, yang masih dirana hukum.

“Saya sudah pernah sampaikan, bahwa di bulan September kita akan lantik minimal satu raja di Kota Ambon, dan itu Raja Urimessing,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, walikota juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras tim pendampingan negeri, Kabag Pemerintahan, para pemuka adat, dan masyarakat di Negeri Urimesing.

Baca Juga: Danrem Tinjau Program Ketahanan Pangan di Malteng

“Dengan itu, maka masalah terkait dengan penetapan mata rumah yang selama ini bermaslah, telah dituntaskan. Tinggal proses pelantikan secara adat, nanti waktu yang disepakati bersama. Setelah ini, semua masalah sudah selesai, jadi tinggal tunggu pelantikan secara adat dan pemerintahan,” tutur walikota.

Untuk diketahui, 10 negeri di Kota Ambon yang telah diproses untuk memiliki raja definitif yakni, Negeri Laha, Urimessing, Amahusu, Rumatiga, Passo, Naku, Batu Merah, Tawiri, Silale, dan Hative Besar. (S-25)