AMBON, Siwalimanews –  Untuk meningkatkan pembinaan rohani, maka prajurit dan PNS Kodam XVI Pattimura yang beragama Kristen Protestan mengikuti Retret yang dipusatkan di Wisma Gonzalo, Karang Panjang.

Kegiatan yang berlangsung 21-23 September ini memiliki makna, bahwa untuk sementara waktu menjauhkan diri sendiri dari lingkungan kesehariannya. Kegiatan ini dapat dilakukan untuk alasan yang berhubungan dengan kebutuhan spiritual, menghindari stres, menjaga kesehatan, bagian dari gaya hidup, ataupun hal-hal sosial atau ekologis lainnya.

Dengan tema Berakar, Bertumbuh dan Berubah di Dalam Kristus, retret yang diselenggarakan oleh Disbintalad bersama Bintaljarahdam XVI Pattimura ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan iman dalam diri setiap umat.

Adapun khotbah yang disampaikan Letkol Caj (K) Pendeta Tiara Indah menyangkut rumah tangga bahagia, berakar dan bertumbuh di dalam Kristus, berbuah di dalam Kristus dan juga serangkaian ibadah.

Tak hanya itu, peserta retret setiap malam juga melaksanakan meditasi. Meditasi Kristiani adalah bentuk doa dengan suatu upaya terstruktur yang dilakukan oleh seseorang untuk menyadari dan merenungkan kehendak Tuhan.

Baca Juga: Tekan Laju Inflasi, Walikota Pimpin Operasi Pasar

“Setelah melaksanakan retret, diharapkan para peserta, baik prajurit maupun PNS dapat kembali dengan sukacita, hati dan pikiran yang jernih dan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tulis pihak Pendam XVI Pattimura dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (23/9).

Retret ini turut dihadiri sejumlah pejabat, diantaranya Kadisbintalad Brigjen Nur Salam, Kabintaljarahdam XVI Pattimura Kolonel Inf Jocky Pesulima dan Kasubdisbinrohprot Kolonel Inf Djumator Ruben Sirompo. (S-06)