AMBON, Siwalimanews – Meski diguyur hujan deras, namun perayaan HUT Kemerdekaan Negera Kesatuan Republik Indonesia ke-76 di Provinsi Maluku yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (17/8) berjalan dengan penuh khidmat.

Pantauan Siwalimanews, perayaan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dimulai sejak pukul 10.20 WIT dan bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Maluku Irjen Pol Murad Ismail, sementara komandan upacara Letkol Infantri Rudolf Paulus.

Untuk tahun ini perayaan HUT Kemerdekaan RI, Pemerintah Provinsi Maluku masih tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang dibatasi, baik dari jajaran TNI, Polri, ASN, Pramuka dan maupun tamu undangan lainnya.

Tak hanya itu, dalam momen bersejarah ini mesti diguyur hujan, namun antusiasme masyarakat untuk menyaksikan proses detik-detik proklamasi kemerdekaan RI cukup tinggi.

Pelakasana harian Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadly Ie kepada Siwalimanews, usai upacara mengatakan, pembatasan peserta dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 di Maluku dan ini juga diberlakukan di sleuruh Indonesia termasuk di Istana Negara.

Baca Juga: Rumah Warga Kudamati Ludes Terbakar

“Memang kita batasi guna mendukung upaya pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Maluku khususnya Kota Ambon,” tuturnya. (S-50)