AMBON, Siwalimanews – Prajurit Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-76 dengan menggelar upacara bendera di bawah laut, Selasa (17/8).

Upacara yang dipusatkan di Perairan Negeri Mamala, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah itu, bertindak selaku inspektur upacara Danlantamal IX Ambon Kolonel Marinir Said Latuconsina.

Upacara penaikan bendera bawah laut ini sudah dilaksanakan turun temurun dan merupakan tradisi TNI AL dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus. Kegiatan ini juga semakin mengukuhkan Indonesia sebagai negara maritim dengan kekayaan laut yang sangat indah dan beragam.

“Sudah menjadi kewajiban kita untuk merawat dan menjaga sekaligus mempromosikan wisata bahari Indonesi,” ucap Danlantamal kepada wartawan usai upacara tersebut.

Pada kesempatan itu juga, Danlantamal dan seluruh peserta upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut dalam rangka HUT RI ke – 76 melaksanakan transplantasi terumbu karang.

Baca Juga: PLN Siagakan 607 Petugas Amankan Pasokan Listrik

Transplantasi terumbu karang adalah, salah satu upaya rehabilitasi terumbu karang yang semakin terdegradasi melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup yang selanjutnya ditanam di tempat lain yang mengalami kerusakan atau menciptakan habitat baru, untuk pemulihan kembali terumbu karang yang telah rusak.

Sebanyak 34 peserta ambil bagian dalam upacara pengibaran bendera di bawah laut. Para peserta ini terdiri dari, Danlantamal IX Kolonel Marinir Said Latuconsina (Irup), Mayor Marinir Patrick Pattiasina (Dan Up), sementara pengerek bendera tiga prajurit dari Korps Wanita Angkatan Laut Lantamal IX dan pasukan upacara yakni dua personel Basarnas, empat personel Bakamla, dua Personel Pemerhati Lingkungan serta 21 Personel Lantamal IX Ambon. (S-45)