PIRU, Siwalimanews – Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno menyerahkan satu unit mobil ambulance yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Maluku kepada Pemerintah Negeri Luhu, Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat.

Penyerahan mobil ambulance ini ditandai dengan memberikan kunci mobil tersebut yang diterima oleh Pejabat Negeri Luhu Yusran Payapo, di Balai Desa Luhu, usai pemasangan Tiang Alif Masjid Jami, Senin (26/9).

Kepada wartawan wagub mengatakan, pemberian mobil ambulance ini atas kunjungannya tahun 2021, dimana saat itu masyarakat Negeri Luhu melalui Penjabat Negeri Yusran Payapo berkeinginan untuk meminta bantuan mobil tersebut.

Permintaan ini disampaikan, karena masyarakat sangat membutuhkan mobil ambulance untuk melayani masyarakat Luhu dan warga lainnya di petuanan negeri ini, karena minim fasilitas kesehatan

“Negeri Luhu ini cukup besar dan banyak petuanannya, sehingga kenginan tersebut saya langsung serahkan guna  melayani orang sakit, karena sering terkendala dengan ambulance,” ungkap wagub.

Baca Juga: DPRD Dukung Keputusan Walikota Lantik Raja Urimessing

Wagub mengaku, biasanya orang sakit di pesisir patuanan Luhu sangat terkendala dengan transportasi darat untuk membawa pasien ke rumah sakit, sehingga masyarakat menginnginkan mobil ambulance tersebut.

Mobil ambulance yang diserahkan kepada Pemerintah Negeri Luhu ini melalui pengadaan tahun 2021 dan direalisasi di tahun 2022 ini.

“Saya berharap, dengan bantuan satu unit mobil ambulance ini dapat melayani masyarakat Luhu, terlebih khusunya lagi di petuanan, sehingga orang sakit dapat dirujuk ke RS dengan secepatnya,” harap wagub.

Ditempat yang sama Penjabat Negeri Luhu Yusran Payapo mengaku, pemberian bantuan berupa mobil ambilance dari Pemerintah Provinsi Maluku ini bisa menbantu dan melayani masyarakat di negeri ini.

“Mobil ini kami akan pergunakan dengan baik untuk masyarakat yang membutuhkannya, bukan saja warga Luhu dan petuanan, tetapi juga masyarakat Desa Iha dan Kulur, apa bila membutuhkannya,” ungkap Payapo.

Payapo pada kesmepatan itu atas nama warga Luhu menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Maluku terlebih khusus kepada Wagub Barnabas Orno, karena sudah meluangkan waktu untuk hadir dalam pemasangan Tiang alif Masjid Jami Luhu, sekaligus menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulance.(S-18)