AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena mengaku, saat ini masyarakat semakin cerdas, serta dapat mengkritisi pemerintah, jika tidak melaksanakan tugas dan tanggungjawab serta memberikan pelayanan publik dengan baik.

Untuk itu, setiap ASN yang bertugas pada unit pelayanan publik di pemkot harus mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya.

Hal itu disampaikan walikota saat membuka workshop peningkatan kinerja penyelenggaraan pelayanan publik di Lingkup Pemerintah Kota Ambon yang dipusatkan pada salah satu hotel, Selasa (30/5)

Menurut walikota, workshop ini dilaksanakan dalam rangka menjawab tugas dan tanggung jawab pemerintah, dimana tiga fungsi utama yang harus dijalankan adalah, menyelenggarakan pemerintahan, pelayanan publik dan pembinaan ke masyarakat.

“Kenapa pelayanan publik itu ada, karna memang hadirnya pemerintah untuk berikan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah dibentuk oleh masyarakat untuk menjawab berbagai kebutuhan, menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan yang dialami oleh masyarakat itu sendiri. Karna kalau tidak melakukan itu, maka untuk apa ada pemerintah jika tidak berbuat apa-apa untuk masyarakat atau publik,” tandas walikota.

Baca Juga: Habiskan 12 M, Tiga Pasar Ini tak Berfungsi

Walikota mengaku, pemkot telah melakukan penandatanganan MoU dengan Ombudsman RI, yang intinya adalah, kedua institusi ini bersepakat untuk saling mendukung, saling memberikan bantuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan hari ini, dilanjutkan dengan workshop.

“Kita tentu berharap bahwa, dari workshop ini minimal unit pelayanan publik di pemkot bisa mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas dan fungsinya. Kalau sudah paham tugas dan fungsi masing- masing, maka kita punya pola pikir yang sama untuk bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik di kota ini,” tandas walikota.

Untuk itu, walikota berharap, para peserta workshop ini dapat mengikutinya dengan baik serta mampu menyerap materi yang disampaikan oleh para narasumber, agar kedepannya bisa mencerahkan serta memberikan perubahan di Pemkot Ambon. (Mg-1)