AMBON, Siwalimanews – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI), Jumat (11/9), genap berusia 75 ta­hun.  Di usianya yang  sekarang, LPP RRI makin eksis dalam menja­wab kebutuhan informasi publik, serta secara konsisten berupaya menjangkau seluruh wilayah NKRI hingga ke pelosok desa, termasuk di Provinsi Maluku.

Menghadiri acara tersebut, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno menekankan pentingnya kehadiran RRI di pulau-pulau terluar yang ber­batasan langsung dengan negara-negara lain.

Bangkit Untuk Indonesia Maju, menjadi tema perayaan HUT RRI ke-75 tahun. Tema ini memberi petunjuk bahwa RRI hadir untuk kemajuan bangsa, media milik bangsa dan media perekat NKRI.

Orno dalam sambutannya di Pera­yaan HUT RRI yang berlangsung di Aula George de Fretes RRI Ambon mengaku, kehadiran RRI di pulau terluar seperti Maluku Barat Data (MBD) sangat dibutuhkan guna membangkitkan semangat nasiona­lisme.

Mantan MBD dua periode yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Republik Demokratik Timor Leste dan Australia ini menyadari sungguh pentingnya kehadiran RRI di wilayah perbatasan untuk mem­bangkitkan rasa nasionalisme sekali­gus membendung dampak buruk dari siaran radio luar negeri.

Baca Juga: 647 KK Segera Terima Pencairan  Dana Gempa Tahap Pertama

Diakuinya, kebanyakan warga  per­batasan mendapatkan akses in­for­masi dan hiburan dari siaran radio luar negeri. Untuk itu, ia berha­rap ke depan, siaran RRI dapat men­jangkau seluruh wilayah perbata­san, sambil terus berinovasi menya­jikan konten-konten siaran yang kreatif dan menarik menghadapi era konfergensi media atau pengga­bungan media seperti sekarang.

“Pesatnya perkembangan tekno­logi digital seperti sekarang, maka LPP RRI Ambon ditantang untuk mampu meningkatkan inovasi meng­hadapi era konvergensi media. RRI Ambon dituntut terus melakukan perbaikan kualitas penyiaran melalui konten kreatif untuk membangun karakter bangsa,” pesan Orno.

Sebelumnya, Kepala LPP RRI Am­bon Darno menegaskan, RRI Ambon akan terus berupaya agar siaran RRI dapat diakses oleh seluruh mas­yarakat pesisir hingga ke pelosok terpencil dengan melakukan pende­katan bersama pemerintah daerah.

Selain wagub,  hadir dalam acara  Penyulutan Obor Tri Prasetya RRI antara lain Assisten II Setda Kota Ambon Roby Silooy, Wakil Bupati Seram Bagian Barat Timotius Ake­ina dan Kepala Stasiun LPP TVRI Maluku Sudarmoko.

Peringatan Hari Radio ke 75 tahun 2020 di Ambon diawali dengan upacara pagi, dipimpin Kepala Stasiun LPP RRI Ambon, Darno, dihadiri seluruh angkasawan- ang­kasawati beserta ibu-ibu dharma wanita.

Selanjutnya, pada pukul 11.00 WIT, dilakukan prosesi Penyulutan Obor Tri Prasetya RRI yang dipimpin Direktur Utama RRI M. Rohanudin dari Auditorium Abdurrahman Saleh RRI Ja­karta dan dinyalakan secara serentak oleh seluruh stasiun RRI. (Mg-6)