WAKIL Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus L. Kilikily berharap agar seluruh jajaran TNI yang berada di Kabupaten Maluku Barat Daya bahkan seluruh tanah air, tetap menjadi kebanggaan dan harapan di usia ke-78 tahun ini.

“Kiranya TNI semakin kokoh dan tangguh dalam menjaga keamanan rakyat dan Negara Indonesia,” pinta Kilikily, dalam sambutannya saat menghadiri upacara HUT TNI ke-78, yang berlangsung di Lapangan Kodim 1511 Pulau Moa, Kamis (5/10).

Wabup secara langsung memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada Dandim 1511 Pulau Moa dan seluruh jajaran TNI yang bertugas di Kodim 1511 Pulau Moa, maupun di seluruh Indonesia.

Turut bersama, Waka Kapolres MBD, Kompol. Djesi Batara, Pabung TNI AU, Pabung TNI AL, Danki Brimob, Jaksa Fungsional, Alkindy E. Qifta, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten MB Daud Reimialy, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Pimpinan OPD pada lingkup Pemda MBD, dan Pimpinan Instansi Vertikal.

Dandim 1511 Pulau Moa, Letkol. Inf. Galih Perkasa yang bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT TNI ke-78, membacakan amanat Panglima TNI menyampaikan bahwa TNI hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

Baca Juga: Pemkab Gagas Sistem Peringatan Dini  Tangani Konflik

“Berdasarkan hasil dari beberapa lembaga survei, TNI mendapat tingkat kepecayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukan selama ini,” ungkap Panglima TNI

Ditambahkan, peringatan HUT TNI ke-78 di tahun 2023 ini diharapkan sebagai momentum introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh. Tema peringatan tahun ini mengandung makna kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinegri dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini diangkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah yaitu 38 provinsi, 416 kabupaten, 1 Kabupaten administratif, 99 kota dan 5 kota administratif,” tutur Panglima TNI. (S-28)