AMBON, Siwalimanews – Seluruh tenaga kesehatan saat ini diwajibkan untuk menjalani vaksinasi booster mulai terus dilaksanakan dibarbagai daerah, bahkan saat ini ada daerah yang sudah masuk pada tahap booster III.

Di Kota Ambon sendiri yang menargetkan sebanyak 3.512 nakes, namun target itu dipastikan tidak tercapai, sebab sampai dengan saat ini baru 2 persen dari total keseluruhan nakes di Kota Ambon yang menjalani vaksinasi booster II.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy yang dikonfirmasi terkait kebenaran informasi itu di Balai Kota, Jumat (16/9) membenarkannya, namun ia mengaku, pemberian vaksin booster II untuk nakes Kota Ambon, akan dilakukan secara bertahap, dan kini, sudah dimulai.

“Vaksin booster II sudah jalan bagi nakes tapi baru 2 persen, masih sangat sedikit. Data pasti soal jumlah berapa, saya belum dapat, tapi sekitar itu. Untuk jenis vaksin yang dipakai yakni Pfizer,” ungkap Wendy.

Ditanya soal booster kedua untuk masyarakat umum Wendy mengaku, belum ada instruksi terkait hal itu.

Baca Juga: Siang Ini Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo Dijadwalkan Tiba di Malra

“Tapi untuk nakes kan booster  II, cuma kan belum semua nakes dibooster juga. Sementara untuk masyarakat, belum ada instruksi, baru untuk nakes,”ujarnya.

Wendy mengaku, hingga saat ini, untuk vaksinasi III bagi masyarakat umum juga baru mencapai sekitar 30 persen, sama dengan untuk dosis booster pertama.

“Tapi tetap setiap hari ada sekitar 100 sampai 150 orang yang lakukan booster pertama untuk masyarakat di Tribun Lapangan Merdeka, kemarin sempat dipakai, jadi kita alihkan ke Kantor Dinkes, tapi sekarang sudah kembali dilakukan di tribun. Jadi sekarang kita sudah pindah lagi ke Lapangan Merdeka,” ujarnya.

Untuk stok vaksin Pfizer sendiri menurut Wendy, masih mencukupi, sebab Kota Ambon baru saja mendapatkan tambahan dari Dinkes Maluku. (S-25)