AMBON, Siwalimanews – Seperti didaerah lain, upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemer­dekaan Republik Indonesia ke 78 berlangsung dengan khidmat.

Upacara yang dipusatkan di lapangan Merdeka, Ambon, Rabu, (17/08) diikuti ratusan tamu unda­ngan termasuk ribuan masyarakat Kota Ambon yang ikut menyaksikan momen setahun sekali tersebut.

Dalam upacara detik-detik prokla­masi kemerdekaan RI tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Maluku , Murad Ismail sedangkan komandan upacara pada kesempatan kali ini, yaitu Letnan Kolonel Infantri Rudolof G Paulus, menjabat Komandan Kodim 1513 Seram Bagian Barat (SBB).

Tampak tampak hadir Wakil Gu­bernur Barnabas Orno, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku para pimpinan dan anggota DPRD Maluku.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Maluku, Benhur Watubun, Benhur Watubun dipercayakan untuk membacakan naskah proklamasi kemerdekaan.

Baca Juga: Pemkot Libatkan Petani dan Nelayan Susun Perencanaan

Peringatan HUT ke-78 Kemerde­kaan RI tahun ini mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

Tema ini merefleksikan harapan Bangsa Indonesia untuk terus me­lan­jutkan perjuangan, dan pemba­ngunan untuk mewujudkan Indonesia yang maju.

Sedangkan, paskibraka yang ber­tugas mengibarkan bendera yakni Juan Petrus Dio Unmehopa dari SMA Negeri 5 Ambon, Julkriden Samalle dari SMA Negeri 4 Maluku Tengah, dan Rifan Nur Hidayah dari SMA Negeri 3 Buru dengan pem­bawaan baki, Jian Matahelamual, siswa SMA 2 Kota Ambon.

Peringatan HUT RI ke-78 ditutup dengan penampilan siswa siswi SMA/SMK se-kota Ambon dalam membawakan lagu-lagu perjuangan.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Maluku juga menyerahkan langsung surat keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia terkait dengan pemberian remisi bagi warga binaan dilingkungan Kanwil Kemenkumham Maluku.

Hal serupa juga digelar Kepoli­sian Daerah Maluku, di lapangan utama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Kamis (17/8).

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif bertindak sebagai Inspektur Upacara, dengan Komandan Upaca­ra Wadir Samapta AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja.

Kapolda dalam amanatnya me­ngatakan, saat ini seluruh masya­rakat bangsa Indonesia sementara melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun RI ke 78.

“Kita juga saat ini melaksanakan hari kemerdekaan RI dalam suasana hikmat  dan penuh dengan kebersa­maan,” katanya.

Peran aktif Polri di tengah mas­yarakat, katanya, dapat ditunjukan melalui pelaksanaan tugas maupun kontribusinya. “Oleh karena itu saya menghimbau kepada seluruh per­sonil untuk terus bekerja dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan penuh tanggung jawab, dan Polri juga harus mampu mendukung agenda-agenda dan program peme­rintah ke depan dalam menghadapi Pemilu 2024,”pungkasnya.

Kapolda juga menyampaikan terima  masih kepada seluruh Kasat­ker dan personil Polda Maluku dan ja­jaran atas kinerja dan kontribusi­nya selama ini, sehingga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Maluku dalam kondisi aman dan kondusif.

Bentangkan Bendera

Peringati HUT Proklamasi ke 78, Kodam XVI Pattimura bentangkan bendera Merah Putih sepanjang 78 meter di atas Jembatan Merah Putih Kota Ambon.

Menariknya aksi bentang bendera merah putih turut disukseskan oleh puluhan warga, bahkan anggota TNI dan Polri yang mengawal aksi tersebut ikut membantu sambil membagikan bendera kepada warga yang melintas di JMP.

Selain membentangkan dan mem­bagikan bendera merah putih, kegiatan dalam menyambut HUT RI ini merupakan momentum dalam menjaga harmonisasi persatuan bangsa, dimana NKRI memiliki potensi terjadinya konflik diatas keberagaman.

Memupuk sprit kebangsaan meru­pakan salah satu strategi pence­gahan untuk itu Kodam Pattimura melibatkan masyarakat termasuk juga Mitra Deradikalisasi.

“Meski potensi konflik atas kebe­ragaman cukup tinggi, Indonesia masih memiliki modal besar dalam merawat persatuan yaitu semangat kebangsaan, pluralisme, toleransi, rasa persatuan dan kesatuan. Spirit kebangsaan ini pula harus teguh berdiri dan menyebar ke seluruh wilayah di Indonesia,”jelas Pang­dam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa.

Rangakaian kegiatan lain yang akan di lakukan sebelum dan puncak HUT masing masing Pembersihan Bawah Laut Dan Pantai (Beach and Underwater Cleanup) Desa Poka Rumah Tiga.

“Untuk kegiatan ini ada setidak­nya 78 penyelam yang terlibat dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari 27 klub selam, instansi pemerintah, yaya­san, pecinta lingkungan, dan swasta lainnya termasuk Mitra Dera­dikalisasi. Kegiatan yang digelar ini menjadi bukti keseriusan dalam men­jaga laut sebagai sumber kehidupan dan ekonomi dimasa mendatan,” katanya.

Jadi Irup

Penjabat Bupati SBB, Andi Chan­dra As’aduddin menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT RI ke-78, yang berlangsung di Alun-alun pelan­taran Kantor Bupati, Kamis (17/8).

Pantauan Siwalima, upacara detik-detik proklamasi dimulai pukul 09.15 WIT dengan pembacaan proklamisi oleh Ketua DPRD Abdul Rasyid Lisaholith.

Betindak sebagai komondan upa­cara Mayor Arm Bekti Mudi­yanto lulusan Akademi Militer tahun 2009 jabatan Wadan Satgas Yon Armed I Kostrad. Bertindak sebagai komon­dan kompi pasukan pengibar ben­dera pusaka Kapten Infantri Hairil Walid lulusan Secapa Angkatan Da­rat tahun 2012 jabatan Pasi Intel Ko­dim 1513 SBB,  dan bertindak seba­gai perwira upacara Kapten Armed Ismail lulusan Secapa Regulel tahun 2006 jabatan Danramil 1513/01 Piru.

Upacara Peringatan HUT Kemer­dekaan Ke-78 diikuti oleh unsur TNI Polri, Satpol PP,  PNS, pelajar tingkat SD, SMP, SMA sederajat serta para undangan dari unsur Forkopimda, anggota DPRD,  Organisasi Perang­kat Daerah (OPD), tokoh masyara­kat, Tokoh pemuda, tokoh Agama, ormas, dan sebagainya. (S-20/S-10/S-18)