AMBON, Siwalimanews – Hingga kini, pemerintah belum mengetahui dengan pasti berapa jumlah penduduk yang mendiami Kota Ambon.

Untuk itu pemerintah sanngat berharap kepada badan pusat sta­tistik untuk melakukan pemutak­hiran data penduduk.

“Saya minta BPS agar Pemkot dibantu soal data jumlah penduduk,” kata Penjabat Walikota Bodewin Wattimena kepada wartawan di sela-sela Rakorda Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi yang melibatkan camat, lurah, kades raja hingga RT/RW, se-Kota Ambon, yang berlangsung di Santika Hotel, Rabu (12/10).

Menurutnya apabila dilakukan pendataan secara menyeluruh maka diketahui satu KK itu ada berapa orang, sehingga ketika dikumpul­kan, diketahui berapa penduduk yang ada di Kota Ambon

“Itu tentu difokuskan pada warga yang memiliki KK,” ujarnya walikota.

Baca Juga: Hasil Seleksi Calon Sekda Maluku tak Juga Dikirim

Sedangkan warga kota yang belum memiliki KK, lanjutnya, belum dapat katakan sebagai penduduk Kota Ambon. Jika ini berjalan dan pemkot memperoleh data tersebut, maka minimal, pemkot punya data valid terkait jumlah penduduk di Kota Ambon.

Data ini juga sambungnya, berkai­tan dengan pendistribusian bantuan sosial dari Kota Ambon bagi warga penerima, mengingat bantuan-ban­tuan sosial pasca kenaikan harga BBM ini, juga berasal dari Kemen­terian Sosial dan Kementerian lainnya dibutuhkan data yang valid.

“Selama ini kan tumpang tindih datanya, ada satu keluarga yang dapat dari sosial, dapat juga BLU, dan dapat juga dari yang lain, se­mentara ada keluarga lain yang juga butuh, justru tidak dapat sama sekali. Ini berkaitan dengan data yang tidak benar,” ucapnya.

Pihaknya berharap, dari proses ini, akan ada data valid yang bisa digunakan, bahkan untuk  semua pihak.

Sebelumnya, Wattimena dalam sambutannya mengatakan, meski Kota Ambon kini berada pada posisi yang semakin membaik, namun tantangan, baik transisi maupun adaptasi, masih dalam proses pemulihan.

“Kita berharap semoga pandemi segera berakhir, inflasi tetap terjaga, dan perekonomian tetap membaik, sehingga pembangunan yang telah kita rencanakan, dapat berjalan sesuai target yang tentunya akan berdampak pada peningkatan kese­jah­teraan masyarakat,” harapnya.

Diketahui, kegiatan itu turut dihadiri Kepala BPS Kota Ambon Chaterina Persulessy Ketua DPRD, Elly Toisuta dan pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon. (S-25)