AMBON, Siwalimanews – Dalam semangat kemitraan untuk terus saling berkontribusi, Universitas Pattimura (Unpatti) dan Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), melakukan penandatanganan MoU sebagai payung hukum kemitraan institusional.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unpatti, Fredy Leiwakabessy dan Rektor UKIM Henky H Hetharia, di ruang Rektorat lt III Gedung Rektorat Unpatti, Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Rabu (3/4) kemarin.

Selain antar lembaga, kerja sama juga dilakukan antar fakultas dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpatti, Erly Leiwakabessy dan Dekan FEB UKIM, Gino Manuputty.

Pada kesempatan itu, Rektor Unpatti mengatakan, selama ini kerjasama antara UKIM dan Unpatti sudah terjalin.

Menurutnya, Unpatti-UKIM sudah saling berkontribusi kompetensi dalam rangka mengembangkan kualitas pengelolaan para lulusan pendidikan tinggi di Maluku.

Baca Juga: HKG PKK Jadi Momentum Sinergitas Kader

“Sehingg kerja sama ini harus terus dirawat dalam semangat kemitraan tinggi, seiring dinamika kompetisi yang sehat pada aras Tridharma Perguruan Tinggi, meski kepemimpinan pada lembaga ini terus berganti,” ujarnya.

Rektor juga mengatakan, MoU ini menandai semangat kemitraan yang harus terus terjalin. Baik pada perguruan tinggi di Maluku maupun Maluku Utara. Karena semakin banyak kompetitor dikalangan kampus di Maluku dan Maluku Utara, maka semakin menantang setiap kampus untuk mengembangkan kapasitasnya dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

“Karena jika tidak tercipta kompetitor, justru kampus akan terlena dalam kenyamanan diri sendiri, dan tidak berkembang,”katanya.

Sementara itu, Rektor UKIM menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas dukungan Unpatti bagi UKIM selama ini.

Diera sekarang ini, lanjutnya, kolaborasi menjadi kata kunci penting dalam pengembangan perguruan tinggi. Karena  tidak ada kampus yang bisa berjalan sendiri.

“Kerja sama ini menjadi sesuatu yang vital bagi kedua lembaga ini,” tuturnya..

Diketahui, hadir dalam kegiatan itu yang turut mendampingi Rektor UKIM, ada

Wakil Rektor I, M Pentury, Wakil Rektor IV, Steve Gaspersz, Kepala Unit Penjaminan Mutu Pascasarjana, Simon P Soegijono, Kepala Biro Bidang IV, Tono Mahmudin dan dua staf Bidang IV. Kedatangan rombongan UKIM turut disambut Wakil Rektor IV, Dekan FEB dan Kepala Biro Kerjasama yang mendampingi Rektor.(S-25)