AMBON, Siwalimanews – Hari ini, Jumat 5 April 2024 merupakan hari terakhir Univeraitas Pattimura membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Test (SNBT).

Pendaftaran jalur SNBT dilakukan secara online sejak 21 Maret 2024 kemarin, dan berakhir pada 5 April ini.

Pendaftaran jalur ini dilakukan secara online sejak 21 Maret 2024 kemarin, dan akan berakhir pada 5 April ini. Untuk tahapan kali ini, Unpatti menyiapkan lima lokasi tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yaitu, Kota Ambon, Aru, Tual, Tanimbar dan MBD.

“Dari lima lokasi itu, peserta bisa memilih untuk mengikuti tesnya di masing-masing lokasi itu, kecuali untuk daerah SBB dan Maluku Tengah yang lebih dekat dengan Ambon, dapat mengikutinya di Kota Ambon,” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik  Dominggus Malle kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Selasa (2/4).

Malle mengungkapkan, penerimaan mahasiswa baru ini merupakan tahapan kedua untuk lulusan dua tahun terakhir (2022-2023), setelah sebelumnya telah dilakukan penerimaan melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Baca Juga: Kapolres Pimpin Gelar Pasukan Ops Ketupat Salawaku

“Tes SNBT ini berbasis komputer. Ini merupakan tahap kedua untuk masuk perguruan tinggi setelah sebelumnya jalur prestasi telah dilakukan,” katanya.

Sedangkan pelaksanaan tes,  lanjut Malle, akan dimulai pada 30 April 2024 dan tanggal 2-7 Mei 2024 tes gelombang pertama, kemudian gelombang ke dua mulai pada 14-20 April. Tesnya berbasis komputer dan hasil tesnya akan diumumkan pada 14 Juni nanti.

Ditanya soal jumlah kuota yang disediakan Malle mengaku, sistem perhitungannya untuk SNBP yang telah terisi, adalah 30 persen dari jumlah pendaftar, dan untuk SNBT kali ini kuotanya 40 persen. Sementara 30 persen kuota tersisa, akan diisi oleh peserta dari penerimaan jalur mandiri yang nantinya akan dilakukan setelah SNBT ini.

“Jadi sekarang baru terisi 30 persen dari SNBP kemarin, sementara kuota SNBT kali ini 40 persen dan untuk program studi, itu semua yang ada dalam daftar pada saat pendaftaran secara online oleh peserta, akan dilihat. SNBT tahun ini, peserta bisa punya 1-4 pilihan,” jelas Malle.(S-25)