AMBON, Siwalimanews –  Puncak peringatan HUT TNI ke-77 menjadi moment penting bagi 5 personel Kodam XVI Pattimura yang memperoleh medali penghargaan atas keberhasilan mereka dalam mengagalkan pengiriman senjata ke kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Mereka yang mendapat penghargaan masing-masing Letkol Inf Adi Suastika, Letda Arh Kevin, Letda Saiful Sully, Letu Inf Yosep Rahawarin dan Kopda Evendi Marasabessy. Medali penghargaan itu disematkan langsung oleh Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setya Wibawa, dalam upacara HUT TNI ke-77 di lapangan upacara Lantamal IX Ambon, Rabu (5/10).

“Ada salah satu prestasi yang patut diberikan penghargaan, yakni Ada beberapa prajurit yang berhasil gagalkan upaya penyelundupan senjata dan amunisi ke KKP di Papua,” ujar Pangdam.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan saat ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi prajurit yang lain dalam menjalankan tugas pokok serta pengabdian bagi masyatakat.

Pengdam menjelaskan, tema HUT TNI Adalah Kita mengandung makna, TNI lahir dari rakyat untuk menjaga kedaulatan RI dan merawat serta memperkokoh kebinekaan.

Baca Juga: Dipecat, Karyawan PT Akfi Ngadu ke Disnaker

“TNI tanpa rakyat tidak ada kekuatan yang berarti. Untuk itu kebersamaan adalah kunci kekuatan, karena itu TNI akan selalu ada di depan membantu rakyat sampai kapanpun,” tandas Pangdam.(S-10)