NAMLEA, Siwalimanews –  Memasuki usia ke-18, kini Universitas Iqra Buru yang berada dibawah naungan Yayasan Muslim Buru, menorehkan prestasi sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Maluku tahun 2020.

“Di tahun yang sama, Uniqbu juga bergeser status dari kampus klaster binaan (klaster lima) menuju klaster empat,” ungkap Rektor Uniqbu, Muh Sehol pada puncak peringatan HUT Uniqbu ke-18 yang digelar di ruang auditorium AR Tukuboya Kampus Uniqbu, Senin (6/9).

Puncak peringatan HUT ke-18 itu juga diisi dengan kuliah umum oleh Fahry Bahmid dengan tema Dinamika Hukum Tatanegara Kontemporer Di Era Disrupsi 4.0. Kuliah umum ini diikuti 600 lebih mahasiswa baru angkatan 2021-2022 serta civitas akademika lainnya.

Di hadapan civitas akademika dan juga 600 lebih mahasiswa yang hadir di acara tersebut, Sehol menegaskan di usianya ke-18, perguruan tinggi swasta yang ada di Kota Namlea ini telah meraih prestasi sebagai kampus swasta terbaik di Provinsi Maluku.

Disinggung terkait tingkat kepercayaan publik terhadap Uniqbu yang sudah sangat baik, dengan dua tahun berturut-turut terjadi peningkatan mahasiswa baru secara signifikan.

Baca Juga: LBH Kepton Minta Warga tak Terprovokasi Hasutan YPPKM

“Mahasiswa baru hampir penuh ruangan ini. Terjadi peningkatan tiga kali lipat dari tahun kemarin,” ucapnya.

Tingkat keercayaan publik yang baik itu, kata Sehol bukan karena prestasinya semata, melainkan suatu upaya sinergitas yang baik, mulai dari yayasan hingga rektorat dan kalangan civitas akademika Uniqbu.

“Ini suatu perjuangan yang luar biasa. Tetapi dalam level kampus swasta Maluku dan Maluku Utara, dalam lingkup binaan layanan Dikti, kami berada di posisi ketiga setelah Universitas Muhammadiyah Ternate dan Universitas Halmahera,” ucapnya.

Keberhasilan yang dicapai Uniqbu kata Sehol, berkat sinergitas dan kerja keras dari teman-teman civitas akademika dan juga Ketua Yayasan dan jajarannya, sehingga terjadi  peningkatan kualitas Uniqbu.

Jaminan kualitas yang kini diraih Uniqbu sesuai dengan cita-cita sebagaimana tertuang dalam rencana strategi Uniqbu di tahun 2017 lalu bahwa selama lima tahun harus kita capai dan  keluar dari klaster binaan.

Sebuah prestasi juga dicapai Uniqbu selama tiga tahun berturut-turut selalu berada dalam peringkat terbaik di bidang penelitian. Prestasi itu juga ikut menuntun Uniqbu menjadi universitas swasta terbaik di Maluku.

“Karena kamilah yang tertinggi dari aspek penilaian dibidang penelitian. Kemudian menempatkan kita di peringkat ketiga universitas swasta di Maluku Malut,” pungkas Sehol. (S-31)