DESA Undur Kecamatan Kilmury Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kini dicanangkan sebagai salah desa wisata di Provinsi Maluku. Pencanangan desa wisata ini diprakarsai Abdullah Gassam, salah seorang putra terbaik kecamatan setempat yang juga kini duduk sebagai anggota DPRD provinsi Papua Barat.

Pencanangan tersebut berlangsung Rabu (4/5) itu mendapat dukungan penuh dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar.

Dalam arahannya Gassam yang merupakan Kader PKB ini berpesan kepada masyarakat desa untuk saatnya bangkit mandiri mengelola potensi desanya sendiri.

“Salah satunya yakni pengelolaan potensi wisata agar kedepan masyarakat desa tidak selalu berharap lebih pada pemerintah daerah, mengingat minimnya kemampuan APBD,” ujarnya.

Baca Juga: Hendrik Lewerissa Bantu Pembangunan Masjid di Gorom

Minimnya kemampuan APBD menurut Gassam tidak memungkinkan bagi pemerintah daerah untuk menyokong dan membiayai pembangunan dapat dilaksanakan secara cepat dan merata apalagi dengan kondisi geografis dan jangkauan wilayah yang begini luas, jumlah orang dengan ragam kebutuhan yang juga kian kompleks.

Dirinya mengajak masyarakat Kilmury agar tidak larut dalam penyesalan dan kecawa atas minimnya perhatian pemerintah daerah dan DPRD, justru hal itu tidak dapat menyelesaikan problem pembangunan yang semakin membelenggu saat ini. Semua pihak sudah seharusnya mulai berpikir dan bergerak positif dengan tidak menyalahkan siapapun.

Masyarakat mesti lebih bersikap kreatif dan inovatif dalam mengelola setiap potensi yang ada di desa masing-masing. Pemerintah daerah menurutnya memang memiliki niatan besar untuk membangun, hanya saja dihadapkan pada ragam keterbatasan dan kemampuan anggaran. (S-08)