SAUMLAKI, Siwalimanews – Umat Hindu di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar melaksanakan upacara prosesi tawur kesanga yang berlangsung di Gedung Bhayangkara Polres Tanimbar, Selasa (21/3).

Ketua Paguyuban Hindu Saumlaki Kadek Aries Budiarsa kepada Siwalimanews menjelaskan, Tawur Agung Kesanga, merupakan upacara yang digelar oleh umat Hindu sehari menjelang perayaan Nyepi.

“Upacara ini berdasarkan pada konsep ajaran Tri Hita Karana, yakni menyelaraskan hubungan dengan tiga elemen, manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta. Tawur Agung Kesanga sendiri bertujuan untuk membersihkan dan mewisuda bumi sebelum Nyepi, yakni dimana umat akan melaksanakan tapa brata penyepian,” jelas Budiarsa.

Pelaksanaan persembahyangan Tawur Agung Kesanga kata Budiarsa, dilaksanakan dalam menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka ke-1945 dipusatkan di gedung Bhayangkara Polres Tanimbar.

“Ibadah ini saya sendiri yang memimpin langsung,” ujarnya.

Baca Juga: 859 Tenaga Honorer di Pemkab Aru Ikut Seleksi P3K

Ia berharap, dengan prosesi Tawur Agung Kesanga ini umat dapat mendekatkan diri dengan Tuhan, manusia dan alam semesta.

“Kami berharap, dengan adanya prosesi ini kita Selalu mendekatkan diri dengan Tuhan seperti yang diisyaratkan dalam Tawur Agung Kesanga,” harap Bidiarsa.(S-26)