AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka merayakan Hari Raya Nyepi Thaun Baru Saka 1945, maka umat Hindu di Kota Ambon, menggelar pawai ogoh-ogoh yang diawali dari depan Gong Perdamaian Dunia, Slasa (21/3).

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Maluku I Wayan Sutapa menjelaskan, sebelum pawai ogoh-ogoh ini dilaksanakan, pihaknya juga melaksanakan pencaruan atau Tawur Agung dan pelaksanaan pawai ogoh-ogoh ini bertjuan untuk membersihkan Kota Ambon dari unsur-unsur negatif.

“Hari Raya Nyepi untuk di Maluku ini, kami laksanakan di Kota Ambon, yaitu pecaruan atau Tawur Agung, kemudian diikuti pawai ogoh-ogoh yang adalah suatu prosesi dimana kita ingin membersihkan Buane Agung atau bumi ini dari segala kotoran, dengan harapan, ada  terjadi keseimbangan kembali bumi yang kita tempati ini untuk kehidupan yang lebih baik seterusnya,” jelas Sutapa kepada wartawan di sela-sela kegiatan tersebut.

Kegiatan tahun ini kata Sutapa, bertepatan dengan memasuki bulan Ramadhan 1444 Hijriyah, dimana Umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa, sehingga diharapkan dari pawai ogoh-ogoh dan pencaruan ini, umat Muslim bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

“Saya juga berharap kegiatan ini bagi kami umat Hindu bermanfaat kepada seluruh umat manusia, tetapi terlebih kami ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan semoga dengan pembersihan alam ini, kepada basudara Muslim bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan semua berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Baca Juga: Gagal Gelar Turnamen Sepakbola, KNPI Tanimbar Diminta Ganti Rugi

Untuk diketahui, pawai ogoh-ogoh dimulai dari Gong Perdamaian Dunia Ambon menuju Jalan Pattimura, kemudian melewati kawasan Batu Meja, berlanjut Urimessing, Trikora, Petak 10 turun ke Polresta Ambon kemudian menuju kawasan Waihaong serta melewati Jalan AY Patty dan kembali ke finish di Gong Perdamaian. (S-25)