MASOHI, Siwalimanews – Steward Michael Toisuta, jurnalis Harian Pagi Siwalima, resmi menjabat Ketua PWI Kabupaten Maluku Tengah masa baktu 2023-2006.

Toisuta bersama pengurus lengkap dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua PWI Maluku, Alex Sariwating, di Aula Gedung Bina Marga Kantor Dinas Pekerjaan umum (DPU) Malteng di masohi,Rabu (29/11).

Pengurus wadah berhimpun tertua di Indonesia yang dipimpin Stewart Michael Toisuta wartawan harian Siwalima itu, dilantik dan diambil sumpah di Aula Gedung Bina Marga Kantor Dinas Pekerjaan umum (DPU) Malteng, Rabu (29/11).

Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa yang turut hadir saat itu mengakui kerja pers di Malteng telah banyak membantu pemerintah Malteng dalam berbagai tugas dan perannya.

“Saya atas nama pemerintah dan keluarga menyampaikan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus PWI Malteng saat ini. Tentu sebagai mitra strategis dan kritis wartawan dan PWI telah banyak memberikan dukungan yang akan nyata bagi pemerintah masyarakat dan daerah ini,” ujarnya.

Baca Juga: Kodim 1507 Berikan Bantuan Kemanusiaan 

Sahubawa berharap dengan dilantiknya pengurus PWI Malteng saat ini, profesionalisme wartawan dapat terus ditingkatkan.

Sementara itu, Ketua PWI Maluku Alex Sariwating juga mengapresiasi terselenggaranya pelantikan pengurus PWI Malteng.

Ia meminta Toisuta bersama seluruh pengurus membangun organisasi dengan pendekatan kekeluargaan, membangun kebersamaan dan terus mendukung tugas kerja pemerintah Kabupaten Malteng.

Usai dilantik, Toisuta menjelaskan, akan bekerja dengan penuh tanggung jawab melaksanakan seluruh amanat organisasi dan menjadikan wartawan Malteng yang berintegritas penuh dedikasi dan  menjunjung tinggi konsitusi organisasi, kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan.

“Tentu tugas kedepan tidaklah mudah. Namun dengan pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa serta solidaritas semua pengurus dan anggota kami yakin akan mampu melaksanakan tugas ini dengan baik, terutama  dalam mendorong peningkatan kualitas SDM wartawan yang berintegritas penuh dedikasi serta tunduk dan patuh terhadap konstitusi organisasi, kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan,”tandas Toisuta.

Tak ingin berjanji lebih banyak Toisuta menyampaikan akan terus berupaya memperjuangkan kesejahteraan wartawan serta akan bersinergi menjadi mitra strategis dan sekaligus kritis bagi pemerintah Kabupaten Malteng.

“Kami mengapresiasi dan menyampaikan ungkapan terima kasih yang tinggi bagi Penjabat Bupati Malteng dan jajaran serta seluruh elemen pemer intah maupun mitra kerja wartawan di Malteng. Kami menyadari sungguh tanpa dukungan selu­-ruh pihak yang ada di Malteng, tentu tidak akan ada pelantikan hari ini,” katanya. (S-17)