DOBO, Siwalimanews – Guna meningkatkan sinergitas dan soliditas bersama potensi SAR di Kabupaten Aru, maka Basarnas Unit Siaga SAR Aru, Polairud bersama BPBD menyambangi Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Aru, Senin (1/8).

Pertemuan bersama Danlanal Aru Letkol Laut (P) R Heru Cahyono tersebut, dilakukan  dalam rangka untuk berkoordinasi SAR di Perairan Aru.

Kasat Polairud Polres Aru Ipda Jonry Latumeten usai pertemuan itu kepada wartawan menjelaskan, pertemuan tersebut guna membicarakan terkait pembentukan tim SAR gabungan, untuk memudahkan koordinasi, jika terjadi kejadian kecelakaan laut di perairan Aru.

“Dalam pertemuan ini kita membicarakan tentang sinergitas dan kolaborasi  tim SAR gabungan di lapangan serta menghilangkan ego sektoral,” ungkapnya.

Selain itu kata Latumeten, dalam pelaksanan di lapangan juga, harus selalu memberikan himbauan secara bersama kepada masyarakat atau para pengguna jasa pelayaran, terkait keselamatan pelayaran serta mendukung program pemerintah.

Baca Juga: Jadi Plt Dirut PDAM, Tugas Berat Menanti Purmiasa

“Yang terpenting himbauan keselamatan penumpang saat melaut. Kemudian pemulihan ekonomi nasional, prokes Covid-19, vaksinasi serta kamtibmas terkait pesta demokrasi pilkades, pilkada dan pilpres,” jelas Latumeten.

Dalam pertemuan itu juga tambah Latumeten, dibicarakan terkait pelaksanaan pelatihan SAR gabungan untuk mengantisipasi kecelakaan laut dan bencana alam. Tak kalah penting juga adalah adanya dukungan TNI AL terhadap tugas rutin Patroli Satuan Polairud Polres Aru dan penegakan hukum yang terjadi di perairan, terutama kasus perikanan (Bom Ikan-red) di Benjina.

“Selalu berbagi informasi sekecil apa pun terhadap kejadian yang terjadi di perairan Kepulauan Aru,” sambungnya.

Hadir dalam pertemuan itu, Palaksa Myr Mar S Siregar, Pasintel Kapten Laut (P) Daulat Siagian, Komandan KAL P Trangan Lettu Laut (P) Edi Dwi, Kasat Polair Polres Aru Ipda Jonry Latumeten, Kepala Unit Siaga Basarnas Aru Reinhard Loppies dan Kepala BPBD Berthy Imuly. (S-11)