AMBON, Siwalimanews – Akibat hujan lebat yang mengguyur Kota Ambon, sejak Senin (4/7) malam, hingga Selasa (5/7) pagi tadi, mengakibatkan sejumlah lokasi dikepung banjir serta tanah longsor hingga pohon tumbangpun terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD Ambon Demmy Paays kepada Siwalimanews di Ambon, Selasa (5/7) menuturkan, sejumlah lokasi terdampak banjir, diantaranya terjadi di Desa Nania, RT 006/001. Dilokasi ini, sendimentasi Kali Woaisalak merendam sedikitnya 6 rumah warga.

Sementara itu, longsor juga terjadi di Kelurahan Amantelu RT 003/03. Dimana pada lokasi ini, batu menimpa rumah warga dan mengenai dinding dapur.

“Dinding dapur rumah warga mengalami kerusakan. Yang terdampak ada 3 Kepala Keluarga,” sebut Paays.

Selain itu kata Paays, titik genangan air juga terjadi pada sejumlah kawasan dan jalan umum, yakni di Desa Waiheru dan Pasar Cokro, Dusun Kate-Kate Desa Hunut, Halong Air Besar, dan Desa Passo tepatnya depan ACC.

Baca Juga: Tiba di Ambon, Kasau Dianugerahi Gelar Adat

Tidak hanya itu, banjir juga mengakibatkan talud dibeberapa lokasi patah, dan pohon tumbang, terjadi di Desa Poka depan Kmapus Unpatti dan Passo Air Besar.

“Saat ini, Tim BPBD dibantu Damkar telah turun di titik-titik lokasi bencana untuk lakukan penanganan dan pendataan. Kami minta, dengan intensitas hujan saat ini, masyarakat yang bermukim di bantaran sungai, agar waspada, karena berdasarkan pantauan CCTV, debit air telah meluap,” himbaunya.(S-25)