AMBON, Siwalimanews – Keluarga Olaharaga Tarung Derajat Maluku saat ini telah siap untuk mengembangkan seni gerak yang merupakan nomor baru yang akan dipertandingkan dalam cabang olahraga Tarung Derajat di PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Ketua Pelatih Kodrat Maluku Daud Lambiombir mengaku, keseriusan Maluku dalam mengembangkan seni gerak ini, terlihat dimana Pengurus Kodrat Maluku mengirimkan dua atlet terbaiknya yakni oktovianus Keslauw dan Selvianus Batmomolin untuk mengikuti pelatihan seni gerak nasional di Perguruan Pusat Tarung Derajat (Kawah Dradjat III) pada 18-20 Agustus kemarin.

“Kami juga berharap kedua atlet terbaik yang dikirimkan ini, kedepan bisa mengikuti Kejurnas, Pro PON hingga PON 2024 nanti , khususnya pada ketegori seni gerak, dan optimis keduanya akan memetik hasil yang baik,” tandas Daud kepada Siwalimanews di Sekretariat Tarung Derajat Maluku, Kamis (25/8) malam.

Selain itu, kedua atlet yang dikirimkan untuk mengikuti pelatihan nasional di Perguruan Pusat Tarung Derajat di Bandung ini juga akan dipersiapkan, untuk menjadi pelatih khusus untuk seni gerak di Maluku.

Ditanya dalam nomor baru yang dipertandingkan dalam cabor Tarung Derajat di PON 2024 nanti yakni, seni gerak tunggal putra, tunggal putri dan seni gerak gerak tarung putra dan putri berpasangan, apakah Kodrat Maluku dapat mengikuti semua nomor ini, Daud mengaku, untuk saat ini kemungkinan Kodrat Maluku hanya dapat menurunkan atletnya di nomor seni gerak tunggal putra.

Baca Juga: KPK Apresiasi Perbaikan Tata Kelola Pemerintahan di Pemkot

“Berhubung karena kepengurusan Pengprov Kodrat Maluku masih baru, maka kita akan fokuskan  untuk seni gerak hanya pada tunggal putra dulu, sementara untuk kategori Tarung, kita pastikan akan masuk semua, baik di Pra PON bahkan optimis sampai ke PON dan membawa medali untuk Maluku, sesuai harapan Ketua PB Kodrat pak Bambang Soesatyo saat melantik Pengurus Kodrat Maluku beberapa waktu lalu,” ucap Daud.

Daud yang juga anggota Denma Korem 151 Binaiya ini optimis, akan penuhi janji Pemprov Maluku ke Ketua PB Kodrat, karena kepengrusan Pengprov Kodrat Maluku saat ini yang dipimpin oleh kang Putra Latucinsina serta Ketua Pembina ibu Jaquline Margareth Sahetapy serta struktur kepengurusan yang solid, maka semua itu akan tercapai.

Ditempat yang sama salah satu atlet terbaik Kodrat Maluku yang diutus mengikuti pelatihan seni gerak nasional di Bandung Okto Keslauw mengaku siap untuk mengembangkan seni gerak Tarung Derajat di Maluku.

Itu terbukti dimana, pada Sabtu (27/8) nanti seluruh atlet Tarung Derajat di Kota Ambon mulai melakukan latihan khusus untuk seni gerak.

“Kesiapan ini merupakan tindak lanjut dari pesan sang guru AA Boxer kepeda kita agar ketika kita pulang ke Maluku, materi pelatihan yang kita peroleh dapat dikembangkan dan diberikan kepada para atlet yang lainnya,” ucap Okto.

Menurutnya, apa yang diperoleh dirinya serta kang Nus sangatlah berarti, sebab pelatihannya langsung di perguruan pusat, untuk itu dirinya bertekad untuk menurunkan semua materi yang diperoleh kepada para atlet maupun pelatih dan senior lainnya yang tidak mengikuti pelatihan tersebut, agar para atlet Tarung Derajat di Maluku juga dapat mengetahui nomor baru ini di cabang olahraga Tarung Derajat .

“Saya atas nama pribadi dan kang Nus sekali lagi menyampaikan terimakasih kepada Pengrus Kodrat Maluku, terutama Ketua Umum kang Putra Latuconsina dan Ketua Pembina Ibu Jaquline Margareth Sahetapy yang sudah beri kepercayaan untuk kita ikut pelatihan seni gerak di Bandung, dan kami bertekad akan berikan yang terbaik bagi Kodrat Maluku,” janji Okto.(S-06)