Ambon, Siwalimanews – Permasalahan terbesar yang di hadapi masyarakat Maluku secara khusus dan Indonesia secara umum saat lni adalah derajat kebugaran yang masih rendah.

Mengatasi hal tersebut, maka Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengajak masyarakat untuk melaksanakan program Gerakan Ayo Olahraga, sebagai implentasi dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Hal tersebut di ungkapkan Menpora dalam sambutannya, yang dibacakan Gubernur Maluku, Murad Ismail pada peringatan Hari Olahraga Nasional ke-36, di Lapangan Merdeka Ambon, Jumat (13/9).

Dijelaskan, tema besar HAORNAS tahun ini  adalah “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja. Tema tersebut mengandung makna, bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Ini penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan pada fasilitas olahraga yang tersedia.

“Pembangunan olahraga, tidak hanya jasmani tetapi juga rohani. Dengan sehat secara rohani berarti kita telah dukung kebijakan bapak presiden tentang Revolusi  Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju, dengan kesegaran jasmani dan kesehatan yang bagus terutama pelajar, maka memudahkan lahirnya bibit-biblt yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya,” tandas menpora.

Baca Juga: Drama Delapan Gol, Inggris Kalahkan Kosovo

Menurut Menpora, untuk optimalisasi permasalahan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), maka ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga.

“Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan jadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Maka dengan gerakan ayo olahraga, diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut,” ucap menpora. (S-45)