AMBON, Siwalimanews – tingkat kelulusan SMA/SMK di Maluku tahun 2020 mencapai 99, 08 persen dari 29.456 siswa yang mengikuti ujian sekolah dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jumlah peserta yang terdaftar untuk SMK mengikuti ujian sebanyak 6.671 siswa sedangkan untuk SMA yang melaksanakan ujian sekolah sebanyak 23.032 siswa.

‘’Yang tidak mengikuti UNBK dan ujian sekolah untuk yang kita nyatakan tidak lulus tahun 2020 sebanyak 247 siswa atau prosentase kelulusan 99, 08 persen,” jelas pelaksana tugas Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Maluku, Insune Sangadji dalam keterangan pers di kantornya, Rabu (13/5).

Ia mengakui, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku baru mendapatkan data kelulusan dari kabupaten/kota di Maluku, sehingga pihaknya baru bisa mempublikasikan angka presentase kelulusan yang dicapai.

“Kenapa baru sekarang menjelaskan ke publik, presentase kelulusan karena baru mendapatkan data dari 11 kabupaten dan kota di Maluku. Ini situasi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena yang menentukan kelulusan itu oleh sekolah karena UN tidak di hitung, sehingga setelah sekolah menyampaikan data dan direkap baru kita umumkan sekarang,” terang Sangadji.

Akademisi Pertanian ini mengaku, kalau presentase kelulusan kalau dirincikan untuk tingkatan yakni, SMK sebesar 98,92 persen dari 281 sekolah dan SMA 99,24 persen dari 113 sekolah.

Menurutnya, siswa yang tidak lulus itu dikatakan wajar karena selama ini sudah meninggalkan sekolah dan tidak mengikuti ujian.

‘’Bagaimana kita mau luluskan kalau sudah tidak sekolah, dan ada yang tak ikut ujian sekolah padahal karena pandemik Pemerintah Pusat menginstruksikan semua harus di luluskan,’’ terangnya.

Ia berharap, kelulusan SMA/SMK bisa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan kedepan juga dinas terus memperbaiki kinerja dinas.

“Kita kedepan akan dilakukan perbaikan dan pemerataan tenaga pendidik demi mengejar ketertinggalan dari daerah lain. Kalau kita begini terus pendidikan di Maluku tetap terbelakang. Dengan perbaikan yang sedang kita lakukan, saya berharap tahun depan kita lebih baik lagi atau mampu bersaing dengan daerah lain,’’ tandasnya. (S-39)