AMBON, Siwalimanews – TNI-Polri di Maluku terus bersinergi dalam menghadapi dampak penyebaran Covid-19. Sinergitas ditunjukan dengan pelaksanaan Tactical Floor Game (TGF) di Aula Slamet Riyadi Makorem 151/Binaya, Rabu (13/5).

Kegiatan TFG merupakan, dukungan TNI-Polri kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, guna menuju Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kota Ambon.

Hadir dalam kegiatan, Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar dan jajaran, Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq dan jajaran.

Mekanisme dalam kegiatan yang dilaksanakan, anggota mulai melakukan pemetaan lewat miniatur wilayah Maluku. Pemetaan dimaksud guna melihat daerah-daerah di Ambon ataupun di Provinsi Maluku yang rawan terjadinya gangguan akibat dampak penyebaran Covid-19.

Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar usai kegiatan mengatakan, simulasi yang dilaksanakan merupakan, pelatihan standart penangan Covid-19. Dalam hal ini seluruh pihak baik TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi dan Kota serta kabupaten turut terlibat dalam Operasi Aman Nusa ll 2020.

“Kegiatan ini adalah kotak gambaran apa yang harus di lakukan masing-masing petugas. Kami Polri tentu tidak bisa sendiri menangani ini. Harus ada bantuan dari pihak TNI serta pemerintah dalam pelaksanaa Operasi Aman Nusa ll ini,” ungkapnya.

Ia berharap, lewat kegiatan ini, seluruh pihak dapat bekerja sama dalam pelaksanaan operasi aman nusa ll  serta turut menarapkan apa saja yang harus di lakukan di saat pandemi Covid-19 termasuk nantinya jika penerapan PSBB diberlakukan.

“Kegiatan ini merupakan sinergitas TNI Polri dan Pemda dalam penerapan tugas di masa pendemic covid-19, disini Saya berharap juga kepada seluruh elemen masyarakat untuk selalu siap siaga dalam keadaan apa-pun, termasuk semakin meningkatnya penyebaran virus covid-19 ini,” harap Kapolda (S-45)