AMBON, Siwalimanews – Komdan Korem 151 Binaiya Brigjen Arnold AP Ritiauw, meresmikan SD Merah Putih di Dusun Siahari Negeri Maneo, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi (Seti), Kabupaten Malteng, Sabtu (23/1).

Turut hadir, Kasi Intel Korem 151 Binaiya Kolonel Kav Hendra Ferdinandus, Dandim 1502 Masohi Letkol Nunung Wahyu Nugroho, Kadis Pendidikan Kabupaten Maluku Tengah Prof Askam Tuasikal, Forum Komunikasi Kecamatan Seti dan Kobi, Dantim Intel Korem Kapten Hendrik T Ulorlo serta para raja se-Kecamatan Seti dan Kobi serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat kedua kecamatan.

Brigjen Ritiauw dalam sambutannya mengatakan, pembangunan sekolah dasar yang dibangun dan diberi nama merah putih ini dengan tujuan agar anak-anak yang bersekolah di SD Merah Putih ini dapat memiliki kecintaan kepada tanah air tercinta Indonesia.

Menurutnya, Provinsi Maluku secara infrastruktur perlu dilakukan pembangunan secara maksimal yang mana untuk menghubungkan daerah yang satu dengan daerah yang lain namun yang sangat penting pula adalah pembangunan tempat tempat pendidikan.

“Kami dari TNI wajib untuk membantu masyarakat dalam membangun fasilitas pendidikan berupa gedung sekolah. Semua ini untuk dapat membangun sumber daya manusia, yang semua ini juga sudah di atur di dalam delapan Wajib TNI,” ungkapnya.

Baca Juga: 2.480 Dosis Vaksin Jatah SBT Tiba di Bula

Dikatakan, Maluku memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa dan hal ini harus membutuhkan sumber daya manusia untuk mengelola semuanya.

“Dengan kekayaan alam yang begitu limpah, tidak mungkin masyarakatnya mati karena kelaparan seperti yang pernah terjadi, semua ini setelah dilakukan investigasi oleh pihak Kodam XVI Patimura ternyata semua ini terjadi bukan karena pangan namun karena sistim bercocok tanam yang tidak benar atau masih berpindah-pindah tempat, untuk itu harus perlu dibangun suatu tempat tinggal yang menetap,” katanya.

Ritiauw mengajak dan mengetuk hati semua pihak agar dapat bersama-sama saling membantu mengatasi kesulitan masyarakat yang ada.

Selain membangun gedung sekolah pihak TNI pun membantu membangun jembatan seperti jembatan gantung di Negeri Kilmuly, Kecamatan Seram Timur. (S-45)