AMBON, Siwalimanews – Juara lomba banding nyanyi Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik II asal Maluku turun dengan kekuatan penuh.

Kontingen Maluku akan turun di semua nomor lomba di Pesparani Katolik Tingkat Nasional III yang berlangsung 27 Oktober-2 November di Jakarta.

Nomor lomba yang diikuti yakni Paduan Suara Anak (PSA), Paduan Suara Remaja Gregorian (PS RG), Paduan Suara OMK Campuran (PS OMKC).

Paduan Suara Dewasa Wanita (PSDW), Paduan Suara Dewasa Pria Gregorian (PS DPG), Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC), Menyanyi Mazmur Anak, Menyanyi Mazmur Remaja, Menyanyi Mazmur OMK Menyanyi Mazmur Dewasa.

Kemudian Cerdas Cermat Rohani (CCR) Anak, Cerdas Cermat Rohani (CCR) Remaja dan Tutur Kitab Suci (TKS) Anak.

Baca Juga: Kapolresta Harap Makna Positif di Film ‘Aku Rindu’

Keberangkatan kontingen Pesparani Katolik Maluku yang berjumlah 250 orang dilepas Sekda Maluku Sadli Ie di Wisma Gonzalo, Senin (23/10).

Dalam sambutan gubernur yang dibacakan sekda mengaku kegi­-atan ini penting. Selain sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Tuhan, juga dapat meningkatkan dan mendorong semangat generasi muda dalam melantunkan kidung puji-pujian.

“Saya yakin saudara-saudara tentu sudah mengikuti pembinaan dan latihan dengan baik saya berharap apa yang telah saudara peroleh selama latihan dapat digunakan dan dimanfaatkan pada pelaksanaan Pesparani nanti,” ujarnya.

Dia juga meminta peserta dan juga pendamping serta pelatih agar menjaga kesehatan selama perlombaan.

“Berlombalah dengan semangat dan sportivitas serta tetaplah menjaga persatuan antara sesama peserta asal daerah Maluku maupun daerah lain,” ungkapnya,

Kepada para pelatih dan Pembina maupun instansi terkait yang telah memberikan perhatian untuk pimpinan dan pengem­bangan, saya menyampaikan terima kasih atas kerja kerasnya.

Sebelumnya, Ketua LP3D Maluku Pastor Agus Arbol menyampaikan, bahwa peserta Pesparani Maluku ini akan berlomba di Jakarta.

Menurutnya peserta yang dibagi ke dalam 3 zona, yakni zona 1 Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat mengikuti mata lomba PSA, PS OMK, Paduan Suara Campuran dan Paduan Suara Gregorian Dewasa Pria.

Zona 2 meliputi Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual dengan mata lomba  PS Gregorian Remaja dan PS Dewasa Campuran dan zona 3 KKT dengan mata lomba PS Dewasa Wanita.

Sedangkan seleksi mata lomba perorangan yang terdiri dari Menyanyi Mazmur kategori anak, remaja, OMK, Dewasa, Cerdas Cermat Rohani anak dan Remaja serta bertutur kitab suci telah dilaksanakan di Kota Ambon pada tanggal 13-14 Oktober 2023.

“Artinya Tim yang berangkat ke Jakarta merupakan yang terbaik (best of the best) dapat meraih hasil terbaik,” jelasnya.

Sebagai Pimpinan LP3KD Provinsi Maluku, pihaknya juga menyampaikan penghargaan, apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada pemerintah provinsi dan semua kabupaten kota, atas dukungan dan bantuan moril dan finansial yang telah diberikan dalam persiapan keberangkatan tim ke Jakarta.

“Terima kasih yang sama kami sampaikan kepada bapak Uskup Amboina, Mgr. Seno Ngutra, para wakil Uskup, para pastor yang atas caranya  masing-masing telah ikut memberikan dukungan bagi terlaksananya kegiatan persiapan Pesparani nasional  ke III untuk Kontingen Maluku,” katanya.

Ucapan yang sama juga disampaikan kepada para ketua dan pengurus LP3KD kabupaten kota atas dukungannya, para official, pelatih dan pendamping tim.

“Kepada para para peserta Pesparani nasional, kalian harus bangga karena terpilih dari sekian ribu umat Katolik di Maluku sebagai duta Maluku,” ujarnya.(S-25)