PIRU, Siwalimanews – Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Moh. Yasin Payapo meminta kepada pemuda untuk bangkit demi menata pembangunan lebih baik lagi.

Hal ini diungkapkan Bupati saat memberikan sambutan pada kegiatan pelantikan Badan Pengurus Pemuda Pemudi Torbu Dusun Pelita Jaya Desa Eti Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat Periode 2020-2025, yang berlangsung di Balai Dusun Pelita, Kamis (20/8).

Bupati mengatakan, pemuda harus secara propesional untuk mengantur manejemen yang baik sesuai tema :  Mewujudkan Pemuda Pemudi Yang Religius dan Moderen.

“Saya minta peran pemuda Pelita Jaya harus berperan aktif dalam membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah dusun. Jangan sampai ada bentrok atau gesekan dikalangam pemuda khususnya lagi Kepala Dusun, karena saya yakin pemuda akan kerja propesional. Sebab pengukuhan pemuda kali ini bersamaan dengan HUT Proklamsi, dan juga bertepatan Tahun Baru Islam, sehingga pemuda harus mampu dan bangkit dalam menata pembangunan yang lebih baik lagi,” ungkap Bupati.

Dikatakan, pemuda harus bersatu menuju pemuda yang berkarakter bermartabat dan mandiri, karena simpul-simpul pemuda tetaplah eksis dengan nalar dan daya kritisnya dan terus memberikan sumbangsih pemikiran dalam pembangunan.

Baca Juga: Gempa 6,9 SR Guncang Laut Banda

“Sebagai kelompok usia yang visioner, simpul-simpul kepemudaan perlu mendukung pembangunan, dengan berbagai cara yang sesuai dengan bidang masing-masing, dan selalu membangun ukhuwa Islamiya sesama masyarakat,” katanya.

Bupati berharap, kepengurusan BPPP Turbo Pelita Jaya yang baru harus mempunyai komitmen yang sama untuk memajukan organisasi ini kearah yang lebih baik serta dapat bersinergi dengan pemerintah daerah khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan berbagai program pembangunan di Kabupaten.

“Momentum pelantikan BPPP Turbo Pelita Jaya juga harus menjadi sebuah wahana kontem­plasi kepemudaan dalam menan­tang arus perubahan yang men­jan­ji­kan harapan sekaligus tanta­ngan bagi kawula muda,” ajak Payapo

Diakhir sambutan, Bupati minta pemuda harus bisa mengembang­kan organisasi kepemudaan secara profersional dengan menumbuh­kembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme kepada bangsa dan NKRI. (S-48)

 

Masohi, Siwalima

Puskesmas Letwaru Kabu­paten Maluku Tengah (Malteng) segera memeliki gedung standar nasional. Pusat kesehatan  masyarakat itu diketahui bakal dibangun dengan biaya APBN melalui dana Alokasi Khusus (DAK), senilai Rp 9.920 milyar.

Bangunan baru Puskesmas Letwaru saat ini sedang dibangun di wilayah Kelurahan Holo Kecamatan Amahai, yang merupakan wilayah kerja puskesmas dimaksud. Bangunannya pun direncanakan berstandart nasional yang memungkinkan adanya peningkatan pelayanan yang lebih optimal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malteng, Jenny Adijaya yang dikonfirmasi Siwalima mengakui hal itu. “Iya benar, Puskesmas Letwaru dengan tipe berstandar nasional saat ini se­-dang dibangun di wilayah Kelu­-rahan Holo. Rencananya bangu­nan itu akan dijadikan Puskesmas Rawat Inap untuk memberikan layanan yang lebih optimal,” tandas Adijaya, Rabu (19/8).

Ditegaskan, dibangunnya puskesmas rawat inap Letwaru tidak akan menganggu tugas dan fungsi layanan puskesmas sebelumnya yang ada di Kelurahan Letwaru saat ini, sebab keduanya akan tetap beroperasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.

“Tidak akan terganggu, keduanya tetap akan beroperasi. Hanya saja untuk layanan rawat inap akan dipusatkan di wilayah Kelurahan Holo. Jadi tidak ada masalah, teknisnya akan kita kondisikan agar keduanya tetap akan beroperasi melayani masyarakat dengan baik,” ujarnya. (S-36)