AMBON, Siwalimanews – Kapal Motor (KM) Talang II yang mengangkut tiga orang penumpang dilaporkan tenggelam di peraiaran laut Banda, Kabupaten Maluku Tengah.

Dalam peristiwa itu, dua penumpang yang diketahui bernama Adrian Basiman dan Bahri Basiman selamat. Sedangkan satu penumpang bernama Arifin Arodes dinyatakan hilang.

Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin menjelaskan, musibah tenggelamnya kapal tersebut terjadi pada Kamis (7/5) pukul 22.00 WIT.

“Kami baru mendapat laporan soal kejadian ini tadi sore,” kata Muslimin, dalam rilisnya kepada wartawan, Jumat (8/5).

Muslimin menjelaskan, dari laporan yang didapat, kapal nelayan itu tenggelam saat sedang berlayar dari Banda menuju Tulehu, Maluku Tengah, dengan membawa muatan ikan yang rencananya akan dijual di wilayah tersebut. “Kapal itu memuat ikan, jadi kapalnya dalam perjalanan menuju Tulehu,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Diminta Percepat Data Penerima Bansos

Ia mengungkapkan, kapal tenggelam setelah dihantam gelombang tinggi dan cuaca buruk di peraiaran tersebut. Dua penumpang berhasil menyelamatkan diri dan satu penumpang hilang. “Jadi, satu penumpang sampai saat ini masih hilang,” ujarnya.

Setelah mendapatkan laporan kejadian itu, pihaknya bersama unsur SAR lainnya langsung berkoordinasi untuk melakukan pencarian terhadap satu korban yang hilang.

“Tim SAR gabungan bergerak ke lokasi pencarian sekira pukul 16.20 WIT sore tadi dengan menggunakan KN Abimanyu,” jelas Muslimin.

Adapun unsur SAR yang terli­-bat dalam proses pencarian korban yakni tim SAR Ambon dan Polai­-rud Polda Maluku bersama sejum­-lah ABK KM Mandiri 10. (S-39)