AMBON, Siwalimanews – Tiga bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah, Benjamin Thomas Noach-Agustinus Kilikily, Fachry Husni Alkatiri-Arobi Kelian, dan calon perseorangan John Nimbrot Leunupun-Dolfina Mar­kus merampungkan pemerik­saan kesehatan, Selasa (8/9).

Mereka telah menjalani peme­riksaan kesehaan selama dua hari, sejak Senin (7/9) dan Selasa (8/9) di RSUD dr M Haulussy oleh 12 tim dokter yang diketuai, dokter Denny Jolanda.

Pantauan Siwalima, tiga bapas­lon tiba di RSUD Haulussy pukul 08.00 WIT dan menjalani peme­rik­saan penyakit dalam selama tiga  jam berakhir pukul 11.00 WIT.

Usai menjalani tes kesehatan, tiga bapaslon berjalan bersama keluar dari rumah sakit tersebut.

Benjamin Noach kepada warta­wan mengakui, seluruh proses pe­meriksaan kesehatan telah dija­lani. Ia enggan berkomentar soal tes kesehatan tersebut dan me­nyerahkan hasilnya kepada tim dokter.

Baca Juga: Kemendagri Usul KPU-Bawaslu Diskualifikasi

Kendati demikian, ia bersyukur tahapan pemeriksaan kesehatan telah dijalani dengan baik, dan me­ngaku optimis, dengan dukungan partai pengusung PDIP, Nasdem, Hanura, PKPI dan Demokrat akan memangkan Pilkada MBD.

“Kalau soal itu, kami opttimis menang lah,” tegas Noach.

Kendati optimis, Noach tetap menyerahkan semuannya kepada masyarakat selaku pemilik hak suara, dan terkhususnya kepada Tuhan.

“Yang pasti kita serahkan ke­pada Tuhan saja siapapun yang terpilih nantinya,” ujarnya.

Selain Noach, calon perse­ora­ngan Bupati dan Wakil Bupati MBD, John Nimbrot Leunupun-Dolfina Markus juga menjalani pemerik­saan tahap akhir,

Pemeriksaan itu berkaitan de­ngan penyakit dalam. Ia mengaku tetap optimis rakyat di Kabupaten MBD memberikan dukungan ke­pada mereka dan dengan keyaki­nan dan dukungan rakyat bisa memenangkan Pilkada.

Sedangkan Fachry Alkatiri yang dijumpai sejumlah wartawan eng­gan berkomentar banyak. Menu­rutnya, pemeriksaan selama dua hari sejak Senin (7/9) telah dijalani. Dan hasilnya juga diserahkan kepada tim dokter.

Ketika hendak ditanyakan soal optimisnya menangkan pilkada di SBT, Alkatiri enggan berkomentar.

“Hasilnya saya serahkan ke tim dokter, itu saja,” ujarnya singkat sambil berlalu.

Tahap Awal

Sementara itu, calon perseorangan Kabupaten SBT, Rohani Vanath dan Muhamad Ramly Mahu serta bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bursel, Abdulrahman Soulissa-Elisa Lensussa menjalani pemeriksaan kesehatan tahap awal di RSUD Haulussy, Selasa (8/9).

Bapaslon perseorangan tiba di RSUD Haulussy pukul 09.00 WIT dan menjalani tes kesehatan selama tujuh jam dan berakhir pukul 16.43 WIT.

Sedangkan pasangan Abdurahman Soulissa-Elisa Lesnussa tiba di RSUD Haulussy sekitar pukul 10.00 WIT. Mereka menjalani proses pemeriksaan hingga pukul 17.40 WIT.

Kepada wartawan, Rohani mengungkapkan, pemeriksaan yang dilakukan merupakan tahap awal  yang telah dijalani dirinya bersama pasangannya dengan baik.

“Pemeriksaannya sama yah dengan yang kemarin dan besok kita akan kembali untuk melanjutkan pemeriksaan tahap II,” ungkapnya.

Ditanya soal jenis pemeriksaan yang dijalani, kata Vanath, pemeriksaan kesehatan berupa tes kejiwaan, tes psikologi, rapid tes, pemeriksaan gigi, telinga dan pengambilan sampel urine untuk pemeriksaan narkoba. Sedangkan besok (Rabu-red) akan pemeriksaan penyakut dalam termasuk pemeriksaan kandungan.

“Kalau pemeriksaan tadi banyak yah mulai dari psikologi, kejiwaan, rapid, gigi, telinga dan ambil sampel urine untuk tes narkoba,” tuturnya.

Sementara itu, bapaslon Abdurahman Soulissa-Elisa Lesnussa kepada wartawan mengatakan, pemeriksaan dilakukan sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Pemeriksaannya seperti yang lain saja, mulai dari telingan, gigi, rapid dan lainnya,” ujarnya singkat.

Sementara itu, ketua tim dokter pemeriksa, dr. Deny Jolanda yang dikonfirmasi Siwalima terkait dengan pemeriksaan enggan berkomentar,

Kata Jolanda, Ia  tidak memiliki kewenangan untuk menyampaikan pemeriksaan tersebut.

“Saya tidak bisa pak, nanti dengan ibu direktur atau ibu ketua IDI saja yah,” ujarnya singkat. (Cr-2)