AMBON, Siwalimanews  – Tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah pada 4 kabupaten  di Maluku yaitu, Kabupaten MBD, SBT, Buru Selatan dan Kabupaen Kepulauan Aru  telah berakhir, Minggu (6/9).

Berkas 11 bapaslon pada 4 kabupaten tersebut dinyatakan lengkap dan diterima oleh  KPU setempat.

Komisioner KPU MBD, Abner Leonufun mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran bapaslon pada 4 September lalu, tiga bapaslon telah mendaftar di KPU dan dari pemeriksaan berkas maupun syarat pencalonan telah dinyatakan lengkap dan diterima.

“Semua bapaslon sudah mendaftar dan dari pemeriksaan dokumen syarat pencalonan telah dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU,” jelas Abner kepada Siwalima, Minggu (6/9).

Bapaslon yang mendaftar di hari pertama, Jumat (4/9) yaitu, Benjamin Thomas Noach-Agustinus Kilikily dan bakal pasangan calon perseorangan Jhon Nimbrot Leunupun-Dolfina Markus.

Baca Juga: Partai Gelora Dukung Pasangan AJAIB di Pilkada Bursel

“Dari pemeriksaan dokumen ternyata bapaslon perseorangan belum memenuhi persyaratan, sehingga KPU MBD mengembalikan dokumen untuk diperbaiki dan hari kedua, Sabtu (5/9) daftar kembali dan dinyatakan lengkap,” ujarnya.

Selanjutnya, pada hari kedua, Sabtu (5/9) bapaslon Nikolas Kilikily-Desianus Orno melakukan proses pendaftaran, semua dokumen syarat pencalonan memenuhi syarat dan dinyatakan lengkap.

Berdasarkan pendaftaran maka diketahui untuk bakal pasangan calon Benjamin Thomas Noach-Agustinus Kilikily diusung oleh lima partai politik yaitu, PDIP 3 kursi, Demokrat 3 kursi, Nasdem 3 kursi, PKPI 2 kursi dan Hanura 3 kursi. Dengan jumlah 14 kursi dan memenuhi syarat 20 persen kursi pada DPRD MBD.

Sementara bapaslon Nikolas Kilikily-Desianus Orno diusung oleh Partai Golkar 3 kursi dan Partai Gerindra 3 kursi, dengan jumlah 4 kursi dan memenuhi syarat 20 persen kursi pada DPRD MBD.

Untuk bapaslon perseorangan, berdasarkan PKPU wajib memenuhi dukungan 10 persen dari total DPT pada pemilu terakhir, maka syarat dukungan yang harus dimasukan sebanyak lima ribu lebih dukungan dan telah memenuhi syarat.

Usai pendaftaran, 3 bapaslon di Kabupaten MBD akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Haulussy Ambon.

Aru Lengkap

Selain MBD, berkas dua bapaslon di Kabupaten Kepulauan Aru juga dinyatakan lengkap oleh KPU.

Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Aru, Mustofa Darakay menjelaskan, proses pendaftaran bapaslon dimulai dari Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9). Namun dua bapaslon kepada daerah di kabupaten berjulukan Bumi Jargaria ini mendaftar di hari kedua, Sabtu (5/9).

Dijelaskan, untuk bakal pasangan calon Johan Gonga dan Muin Solgarey didukung oleh sembilan partai politik masing-masing, Nasdem 5 kursi, PDIP 3 kursi, Demokrat 2 kursi, Gerindra 3 kursi, PPP 1 kursi, Perindo 1 kursi, PKPI 2 kursi, Berkarya 1 kursi dan Hanura 1 kursi.

Sedangkan untuk bapaslon Timotius Kaidel dan La Gani Karnaka, diusung oleh tiga partai politik masing-masing, Partai Golkar 1 kursi, PKB 4 kursi dan PKS 1 kursi.

Saat melakukan pendaftaran, KPU langsung mengecek kelengkapan syarat pencalonan dan keabsahan dua bakal calon, dan dianggap telah memenuhi syarat. Sedangkan untuk dokumen syarat calon pada saat pendaftaran, petugas hanya mengecek berkaitan dengan ada atau tidak adanya dokumen.

Karenanya sampai pada  mengecek sah atau tidaknya dokumen calon yang nantinya  setelah proses pendaftaran ditutup akan dilanjutkan dengan penelitian administrasi oleh KPU.

Terkait dengan pemeriksaan kesehatan, Mustofa mengatakan, tahapan pemeriksaan akan mengalami kendala yang berkaitan dengan transportasi keberangkatan dari Dobo ke Ambon yang melayani pada hari Selasa dan Kamis, sehingga tanggal 8 barulah kedua bapaslon melanjutkan perjalanan ke Ambon untuk melakukan pemeriksaan.

SBT Juga Diterima

Ketua KPU Kabupaten SBT, Kisman Kelian mengatakan, semua bapaslon telah melakukan pendaftaran dan berkas mereka dinyatakan diterima.

“Jadi tiga bapaslon sudah melakukan pendaftaran dan dari pemeriksaan dokumen dinyatakan diterima,” tutur Kisman.

Bapaslon Fachry Alkatiri dan Arobi Kelian merupakan pasangan pertama yang mendaftar di KPU SBT.

Bapaslon ini diusung oleh tujuh partai politik diantaranya, PKS 3 kursi, PDIP 3 kursi, Demokrat 1 kursi, Gerindra 3 kursi, Hanura 2 kursi, PKB dan PPP 2 kursi.

Sementara bapaslon perseorangan, Rohani Vanath dan Muhamad Ramli Mahu mendaftar di KPU SBT, Minggu (6/9). Sesuai aturan PKPU maka wajib mengantongi dukungan minimal 10 persen dari DPT pada pilkada terakhir.

Dari pemeriksaan dokumen ternyata, pasangan ini mengatongi dukungan sebanyak 1.700 dari ketentuan untuk memenuhi syarat hanya mengantogi dukungan 1.212, sehingga KPU langsung menetapkan bapaslon perseorangan ini lengkap dan diterima KPU.

Berikutnya, bapaslon Mukti Keliobas dan Idrus Rumalutur, mendaftar di hari terakhir, Minggu (6/9). Pasangan ini diusung oleh 3 parta politik yaitu, Partai Golkar 3 kursi, PAN 3 kursi, Nasdem 2 kursi dan PKPI 2 kursi.

Kisman menjelaskan, tiga bapaslon kepala daerah ini selanjutnya akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Haulussy.

“Untuk bapaslon Fachry Alkatiri dan Arobi Kelian saat ini telah berada di Ambon guna menjalani proses pemeriksaan. Sedangkan dua kandiat lainnya pada Selasa (8/9) akan terbang ke Ambon, sehingga kemungkinan pemeriksaan kesehatan dilakukan Rabu (9/9).

Ditambahkan, dalam kelengkapan dokumen ketiga kandidat ini telah melampirkan bukti pemeriksaan swab sesuai dengan PKPU 10 Tahun 2020.

KPU Bursel Terima

Sementara itu. Ketua KPU Bursel, Syarif Mahulauw menjelaskan, tiga bapaslon yaitu, Safitri Malik Soulisa – Gerson Selsily, Hadji Ali–Zainudin Booy dan Abdurahman Soulisa – Elisa Lesnusa telah mendaftar dan berkas dinyatakan lengkap dan diterima KPU untuk selanjutnya mengikuti pemeriksaan kesehatan.

“Semua dokumen lengkap dan kami terima dari tiga pasangan calon,” ujarnya.

Bapaslon Safitri-Gerseon Selsily mendaftar di hari pertama, Jumat (4/9). Mereka diusung oleh enam partai polisi yaitu, PDIP 2 kursi,  Demokrat 2 kursi, Perindo 2 kursi, PAN 2 kursi dan Berkarya 1 kursi.

Bagi bapaslon Hadji Ali dan Zainudin Booy mendaftar di KPU Bursel pada  Minggu (6/9), dan diusung oleh partai Golkar 3 kursi dan Partai Gerindra 1 kursi.

Sedangkan bapaslon Abdurahman Soulissa dan Elisa Lesnussa  mendaftar di KPU pada Minggu (6/9) dengan diusung oleh partai Nasdem 3 kursi, Hanura 2 kursi dan PPP 2 kursi.

Menurutnya, setelah tahapan ini, maka ketiga bakal pasangan calon akan mengikuti pemeriksaan di RSUD Haulussy Ambon untuk memenuhi syarat sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. (Cr-2)