AMBON, Siwalimanews – Tersisa satu tahun kepemim­pinan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy berjanji menun­taskan visi dan misi guna membangun Ambon.

Richard Louhenapessy dan Syarief Hadler dilantik menjadi walikota dan wakil walikota Ambon sejak 22 Mei 2017. Sejumlah program kerja sudah dituntaskan dan sebagian lagi belum.

“Ditahun akhir masa periode kepemimpinan, saya akan mewujudkan visi-misinya yakni ambon harmonis, sejahtera dan religius. Saya optimis, karena sejak awal semua sistem sudah duduk, Nanti ada penilaian, apresiasi itu tidak sulit lagi karena sistemnya sudah jalan dan ditata termasuk menuntaskan visi dan misi,” ungkap Louhenapessy kepada wartawan usai memimpin apel memperingati empat tahun mengabdi, di Tribun Lapangan Merdeka, Senin (24/5).

Dirinya menuturkan, pencapaian tersebut tak hanya dikerjakan sendiri bersama wakil, namun ini merupakan kerja sama, sinergitas antara ASN, masyarakat, dan media khususnya yang berkontribusi, semangat bagi empat tahun kepemimpinan di Kota Ambon.

Oleh sebab itu, mantan Ketua DPRD Maluku meminta agar semangat dan kerja sama tersebut tak kendor namun tetap membara agar menutup kerja di periode kedua ini ada hal baik yang dapat diterima masyarakat sebagai bentuk perwujudan dari visi-misi yang dimiliki tersebut.

Baca Juga: Far-Far: Sangat Irasional Realokasi 90 Juta buat latih Jukir

“Semangat itu harus tetap sama. Dia punya energi harus sama sampai diakhir masa pengabdian. Saya sudah sering bilang ke semua staf, ingat kerja bukan untuk mendapat penghargaan. Tapi kalau saudara kerja baik, otomatis itu bonusnya akan datang dalam bentuk award,” bebernya.

Dikatakan, dari berbagai program yang digagas selama ini oleh kepemimpinannya dan Wawali, rata-rata program utama berjalan hanya karena situasi dan kondisi maka fluktuatif,  misalnya pertumbuhan ekonomi. Dari 5,0 sekian, turun drastis ke hanya 1,0 walau masih plus.

“Itu karena 2020-2021 kondisi pandemic Covid-19 yang juga berdampak besar. Secara nasional kan pertumbuhan ekonomi masih minus. Maka kita upayakan di satu tahun sisa ini dia bisa naik lagi dan berdampak besar buat masyarakat,” pungkasnya.

Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler menambahkan seluruh keberhasilan yang dicapai, merupakan bonus dari apa tang telah dikerjakan selama ini.

“Semua keberhasilan ini sebagaimana diungkapkan berulang-ulang oleh pak wali, bahwa ini bukan karena hebatnya walikota dan wakil walikota, tetapi ini karena kerja keras, kerja kita semua yang kemudian meno­rehkan prestasi yang begitu ge­-mi­lang dengan 106 penghargaan yang kita peroleh selama empat tahun terakhir ini,” jelas Hadler.

Dirinya berharap untuk terus ditingkatkan kerja bersama, kinerja sehingga waktu yang tersisa satu tahun ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. (S-52)