AMBON, Siwalimanews –  Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Edison Sarimanella mendesak Dinas Kesehatan kota untuk terus melakukan fogging guna menekan angka penyebaran kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Selaku wakil rakyat dapil kota saya ingin mendesak Dinas Kesehatan Kota Ambon untuk gencar melakukan voging dilingkungan masyarakat,” ujar Sarimanella kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya, Senin (28/6).

Desakan ini disampaikan Sarimanella menanggapi naiknya angka penyebaran DBD di Kota Ambon yang belakangan mengalami kenaikan signifikan.

Menurutnya, kondisi peningkatan kasus DBD akhir-akhir ini tidak bisa dipandang dengan sebelah mata, tetapi harus diikuti dengan langkah cepat, salah satunya dengan melakukan fogging pada lingkungan warga, terutama daerah-daerah yang berdasarkan hasil asesmen dinas adalah daerah dengan jumlah kasus terbanyak.

“Fogging itu kan langkah cepat juga untuk membunuh nyamuk pembawa DBD, maka untuk daerah-daerah yang berdasarkan hasil asesmen itu menyumbang kasus terbanyak itu yang harus jadi prioritas,” jelasnya Sarimanella.

Baca Juga: Wawali & Kadinkes Beda Soal Varian Baru Covid

Dinkes kata Sarimanella, tidak boleh lengah dengan hanya melakukan sosialisasi kepada masyarakat saja, melainkan harus melakukan langkah cepat dan terukur, sehingga dapat menekan penyebaran DBD di Kota Ambon.

Apalagi Kota Ambon saat ini berada dalam kondisi curah hujan yang begitu tinggi yang menyebabkan nyamuk dapat berkembang biak dengan cepat dan membawa masalah besar ditengah upaya pemkot menekan penyebaran Covid-19 yang ikut naik akhir-akhir ini.

“Saya juga minta masyarakat secara mandiri untuk lakukan pembersihan terhadap lingkungan tempat tinggal masing-masing, agar terhindar dari nyamuk pembawa DBD,” himbaunya. (S-50)