SEKRETARIS Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Michael Tasane mengatakan, dalam agenda peng­awasan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar pekan lalu Komisi telah mengecek langsung progres penyiapan lahan bagi Blok Masela.

Dimana pihak Badan Pertanahan  Nasional (BPN) Kabupaten Ke­pulauan Tanimbar  (KKT) secara tegas menyatakan jika proses lahan bagi pembangunan infrastruktur kilang gas abadi blok Masela telah beres atau tak bermasalah.

“Soal lahan untuk blok Masela, kemarin komisi sudah tanyakan langsung ke Pemkab dan BPN dimana pihak BPN menyampaikan jika untuk lahan beres dan tidak ada masalah,” tegas Tasane, kepada Siwalima, melalui telepon seluler­nya, Rabu (1/3).

Menurutnya, Komisi I berke­pentingan untuk memastikan lahan bagi pembangunan infrastruktur kilang gas abadi tersebut guna memberikan kepastian baik kepada pemerintah pusat maupun investor yang akan mengelola blok Masela.

Langkah ini ditempuh Komisi I lantaran belajar dari pengalaman dimana proyek strategis nasional Ambon New Port yang sedianya dibangun di Negeri Wai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah mengalami kendala yang berhubungan juga dengan lahan.

Baca Juga: DPRD Dorong Penataan Ulang Trayek Angkutan Laut Perintis

Komisi I kata Tasane tidak menginginkan persoalan lahan menjadi faktor yang menghambat pembangunan infrastruktur kilang gas abadi sebab akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Maluku secara umum dan Kabu­paten Kepulauan Tanimbar secara khususnya.

Tasane pun berharap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan BPN terus berkoordinasi de­ngan Pemerintah Pusat sehingga blok Masela dapat dikelola sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.(S-20)