TP PKK bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Maluku Tengah menggelar Festival Pangan Lokal B2SA di Baileo Ir. Soekarno Masohi,Minggu (21/8).

Festival ini digelar dalam bentuk lomba masak di mana, semua peserta yang ikut lomba tersebut dari kaum pria yang berasal dari Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Maluku Tengah.

Dari unsur pimpinan OPD berasal dari Kepala Kecamatan, Kepala Badan, Kepala Bagian, hingga Kepala Dinas.

Bupati Tuasikal Abua dan Sekda Rakib Sahubawa juga turut terlibat dalam lomba tersebut.

Mayoritas yang dimasak adalah pangan lokal berupa Papeda yang terbuat dari bahan dasar sagu dan juga ikan kuah kuning bahan dasar ikan tuna.

Baca Juga: Resmi Dicanangkan, Ini Rangkaian Kegiatan HUT Ke 447 Kota Ambon

Lomba tersebut bertemakan “Cegas Stunting Dengan Pangan Lokal Menuju B2SA”.

Ketua TP PKK Maluku Tengah, Amien Ru’ati Tuasikal mengatakan lomba tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Proklamasi RI ke-77.

“Kalau biasanya bapak-bapak yang dilayani, sekarang bapak belajar untuk masak khas Maluku Tengah seperti papeda, ikan kuah dan makanan lokal lainnya,” ujar Ru’ati.

Ru’ati menambahkan meski ber­langsung sederhana,namun upaya ini diharapkan dapat terus mening­kat sumbangsi TP PKK untuk men­dorong masyarakat gemar memanfa­atkan pangan lokal sebagai bahan pangan keluarga.

“Tim penggerak PKK sebagai mitra Pemerintah Daerah untuk terus mendorong masyarakat gemar makan ikan dan mengkonsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, sehingga dapat mengurangi Stunting Gizi buruk dan tentu saja sangat baik Dimasa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) saat ini, demi terwujud­nya Maluku Tengah yang Sehat,” ungkapnya. (S-17)