BUPATI Maluku Tengah (Mal­teng) Tuasikal Abua mengapresiasi terselenggaranya, Pelantikan Pe­ngurus DPC dan Rakorcab Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabu­paten Maluku Tengah.

Bagi Bupati kegiatan itu bermakna penting untuk menguatkan eksis­tensi Partai dalam membangun bangsa.

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan selamat atas pelantikan kepengurusan baru Partai HANURA Kabupaten Maluku Tengah. Semoga momen ini, menjadi spirit baru guna semakin menguat­kan eksistensi Partai dalam memba­ngun serta memajukan kualitas de­mo­krasi lokal di daerah ini,” tandas Bupati saat memberikan sambutan dalam acara Partai Besutan Mantan Pangab Wiranto yang dilangsung­kan di Baileo Soerkano di Masohi, Senin (22/8).

Menurutnya, pelantikan peng­urus DPC dan Rakorcab Hanura Malteng itu merupakan momentum temu kader partai yang memiliki arti kebahagiaan,sekaligus sebagai bentuk perumusan program kerja partai yang diharapkan akan menjadi responsive.

“Seyogyanya pula, momentum di hari ini menjadi suatu kebahagian bagi segenap kader Partai HANU­RA, sebab satu tahapan untuk ke­berlangsungan partai telah terlaksana, yang kemudian akan dilanjutkan dengan perumusan program-program partai yang diharap­kan akan lebih responsive, progresif dan Visioner,” ujar Bupati.

Baca Juga: DPRD Gelar Paripurna Istimewa HUT Provinsi Maluku ke-77

Dikatakan, sejalan dengan per­kembangan kualitas demokrasi di Indonesia, maka peran partai politik sangatlah strategis sebagai poros penting dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan ber­negara.

Parpol sambung Bupati tidak hanya menjadi saluran partisipasi politik warga Negara saja, tetapi lebih dari itu, partai politik mampu menginte­grasikan para individu dan kelompok masyarakat ke dalam sistem politik.

“Pada konteks ini, saya sungguh yakin bahwa saudara-saudara yang baru dilantik tadi, bukanlah kader partai yang terbentuk secara instan, melainkan telah melalui proses panjang yang selektif dan kompeten serta memiliki loyalitas tinggi untuk memajukan dan memenangkan partai ini,” katanya.

Kesempatan itu Bupati Tuasikal menyampaikan beberapa pokok pikiran bagi pimpinan dan seluruh kader Partai Diantaranya soal pro­fesionalisme kader untuk membesar­kan serta meningkatkan keperca­yaan masyarakat bagi partai itu.

“Kesempatan ini izinkan saya menyampaikan beberapa masukan bagi keluarga besar Hanura Malteng Pertama, segenap kader Partai Nasdem harus terus membesarkan organisasi ini secara profesional agar kepercayaan masyarakat terhadap Partai HANURA semakin besar demi kemajuan dan kemenang­an. saya sungguh yakin dengan semangat yang enerjik dan luar biasa dari seluruh kader juga simpatisan, partai ini akan menjadi primadona bagi masyarakat dan terutama kaum milenial.selanjutnya jadikanlah HANURA sebagai partai politik yang egaliter dan bukan partai elite maupun eksklusif. Hal ini sangat penting, sebab keterbukaan partai dalam merangkul setiap aspirasi masyarakat akan memberikan citra positif bagi kemajuan partai kede­pan,” urainya.

Tak hanya itu Bupati juga me­nambahkan konsolidasi partai melalui forum rakorcab dapat men­jadi arena penyatuan gagasan untuk lebih responsive terhadap tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang tidak terbatas pada persoalan politik saja, tetapi juga menyentuh pada persoalan ekonomi, pendidikan dan budaya bernegara.

“Tumbuhkanlah idealisme di kalangan kader partai untuk me­ngabdi kepada masyarakat serta memperkuat civil society dan se­nantiasa berkoordinasi dengan birokrasi sebagai pelaksana pem­bangunan daerah.Pada point ini, saya mengajak seluruh partai politik di Kabupaten Maluku Tengah, termasuk Partai Hanura agar tidak henti-hentinya memberikan gagasan serta pikiran-pikiran kebangsaan tentang bagaimana kita membangun Maluku Tengah menjadi daerah yang maju, berkarakter dan sejahtera,” tukas Tuasikal. (S-17)