PENJABAT Walikota Ambon, Bodewin Wattimena berjanji akan memenuhi aspirasi masyarakat Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan.

Janji tersebut disampaikan dalam Wattimena dalam melaksanakan program Walikota Jumpa Rakyat (WAJAR) yang berlangsung di Kantor Negeri Rutong, Jumat (1/12).

Dalam kunjungan WAJAR itu, Walikota dihujani dengan berbagai aspirasi.

Misalnya saja masyarakat me­minta agar armada angkut sampah, juga bisa beroperasi hingga di Negeri Rutong. Kemudian juga masyarakat mengeluhkan lampu jalan di negeri atau sepanjang jalan memasuki negeri itu sudah tidak berfungsi.

Aspirasi lainnya yaitu masyarakat terkait anggaran dana desa (ADD) tahun 2023 yang belum cair 100 persen. Tidak hanya ADD 2023 sebab ADD tahun 2021 dan 2022 juga belum sepenuhnya cair 100.

Baca Juga: Watubun Sesalkan Ketidakhadiran Murad-Orno

Ada juga masyarakat yang berharap agar Pemkot Ambon segera membuka kembali jalan Tani karena sudah tertutup rumput dan juga rusak parah.

Kemudian masyarakat meminta kepada Pemkot memfasilitasi pe­ngem­bangan olahraga di Negeri Rutong.

Menyikapi berbagai aspirasi dan keluhan dari masyarakat, Wattimena pun menanggapinya satu persatu.

Mengenai mobil angkut sampah, Walikota mengatakan, nantinya akan mengarahkan dinas terkait untuk mengatasi persoalan sampah di negeri Rutong.

Kemudian mengenai lampu jalan, nantinya akan diperbaiki dalam waktu dekat. Sebab lampu jalan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kita akan segera perbaiki lampu-lampu jalan yang sudah rusak itu. Paling lambat Minggu depan kita perbaiki, “kata Wattimena.

Ia juga berjanji akan memberikan bantuan berupa pancing tonda bagi 2 kelompok nelayan di negeri itu. Tidak sampai disitu, Wattimena kemudian mengatakan bahwa pemerintah Kota akan memberikan bantuan usaha kepada masyarakat Negeri Rutong sebesar Rp, 2.000.000 dengan syarat harus memiliki Nomor Ijin Berusaha (NIB)

Sedangkan terkait masalah ADD tahun 2023 yang belum cair, Pemkot nantinya akan berupaya untuk mencairkan anggaran tersebut.

“Sedangkan untuk ADD tahun 2021 dan tahun 2022, itu sudah tidak bisa lagi karena sudah lewat. Karena tiap program anggaran,  dialokasi­kan ha­nya untuk satu tahun ang­garan saja, jadi sudah tidak bisa lagi, “jelasnya.

Kendati begitu, ia berharap di tahun 2024 mendatang tidak terjadi lagi masalah-masalah seperti itu. Kemudian mengenai permintaan fasilitas untuk olahraga bagi ma­syarakat Rutong dalam mengem­bangkan potensi Atlet, Wattimena berjanji akan berkordinasi dengan Dinas Olahraga kemudian dengan KONI untuk secara bersama mengkaji hal tersebut.

Terakhir, Walikota memastikan bahwa Pemkot akan kembali mem­buka jalan tani. Tetapi akan diker­jakan tahun 2024 mendatang.

Usai menggelar Program WAJAR, Walikota kemudian membagi pulu­han paket sembako kepada para lansia di negeri itu.(Mg-03)