AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Kota Ambon dari Fraksi Nasdem, Mourits Tamaela mengusulkan, agar penanganan Covid-19 di kota ini berjalan dengan baik, maka pemprov dan pemkot harus saling sinergi satu sama lain.

Pasalnya ia menilai, apa yang dilakukan Pemerintah Kota Ambon belum tentu akan maksimal jika tanpa campur tangan dari Pemerintah Provinsi Maluku. Untuk itu keduanya harus saling bersinergi.

“Pemkot tentu sudah membuka diri, namun peran serta dalam hal ini Gubernur Maluku Murad Ismail dan jajarannya masih pincang dalam menyelesaikan persoalan kesehatan di Kota Ambon dalam situasi pandemi covid-19,” ungkap Tamaela.

“Kita lihat saja contoh Surabaya dengan Gubernur Jawa Timur sangat Bersinergi, Kota Kupang dengan Gubernur NTT sangat bersinergi dimana mereka sama-sama fokus dalam menyelesaikan semua masalah termasuk penanganan Covid-19,” ujarnya.

Hal ini kata Tamaela, menjadi satu tantangan yang harus dihadapi bersama, baik Walikota dan Wakil Walikota maupun, Gubernur dan Wakil Gubernur serta seluruh perangkat pemerintah yang ada di kota ini.

Baca Juga: Pempus Setujui Perpanjangan Runway Bandara Banda

“Memang yang mengendalikan kota ini adalah pemkot tetapi induknya adalah pemprov yang punya otoritas ada di kota ini termasuk 10 kabupaten/kota lainnya,” tandas Tamela.

Ia berharap, apa yang sudah terjadi saat ini kiranya dapat dijadikan sebagai bahan evalusi untuk ke depannya Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku dapat saling bersinergi dalam penanganan covid-19. (Mg-5)