AMBON, Siwalimanews – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku, Abdullah Latuapo mengatakan, pelaksanaan Salat Idul Adha 1442 Hijriah dilaksa­nakan di seluruh masjid di Kota Ambon, dengan tetap menerap­kan protokol kesehatan (Prokes).

Pelaksanaan salat Idul Adha dilak­sanakan di masjid, kata Latuapo, sesuai dengan hasil rapat bersama antara MUI, Pemerintah Kota Ambon bersama Satgas Covid-19.

Dalam rapat itu, lanjut Latuapo,  diputuskan Salat Idul Adha dila­kukan pada seluruh masjid yang ada di Kota Ambon, namun tetap mem­perhatikan pro­kes dalam kondisi PPKM Mikro.

“Keputusan yang sudah diambil secara bersama dan dari keputusan itu maka ditetapkan  pelaksanaan Salat Idul Adha di masjid tetap dilaksanakan, namun tetap dihimbau untuk tetap memperhatikan Protokol Kesehatan,” ungkap Latuapo kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu(17/7).

Menurutnya, animo pelaksanaan Salat Idul Adha di Maluku sangat tinggi, sehingga perlu pendekatan yang lebih persuasif semua  masya­rakat memahami kebijakan yang diambil oleh pemerintah saat ini.

Baca Juga: DPRD Maluku, Ketua Sinode dan Pangdam Serahkan Hewan Kurban ke Masjid Al Fatah

Sementara untuk  konvoi malam takbiran, tambahnya, sesuai hasil rapat belum diperbolehkan untuk dilakukan.

“Hanya dapat dilakukan pada masjid dan musholla masing-masing, namun tetap melakukan dengan penerapan protokol jangan sampai tidak hiraukan sehingga dapat menimbulkan klaster baru saat malam takbiran,” tuturnya. (S-51)