AMBON, Siwalimanews – Hujan dengan intensitas yang tinggi yang mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir ini, membuat bencana longsor kembali terjadi, pada kamis (15/6) di kawasan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Akibat longsoran sepanjang 30 meter itu, membuat talud penahan tanah yang berdiri diatasnya pagar Cafe Panorama ambruk, hingga menutupi sebagian ruas jalan di kawasan itu. Alhasil arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan.

Elma Dahoklori pegawai Cafe Panorama saat ditemui Siwalimanews mengatakan, kejadian longsoran ini terjadi saat hujan deras, sekitar pukul 14.15 WIT, dimana saat itu dirinya sementara mengisi daya HP, dan mulai merasakan tanah dan dinding di café itu mulai turun.

Tak lama kemudian, pamanya yang berada di jalan raya, tepatnya dibawah café itu, menyuruhnya untuk pindah dari tempat tersebut, karena beresiko longsor.

“Saya alami kejadian itu, jadi saat itu saya sendiri sementara charger hp. Lalu saya liat memang batu-batu dibawah mulai turun. Nah om saya bilang untuk minggir jadi saya langsung pindah,” tuturnya.

Baca Juga: Tiga OPD di Tanimbar Jalin Kerjasama dengan Kejari

Beruntung kata dia, saat kejadian tak ada kendaraan yang melintasi jalur tersebut maupun aktivitas tamu di daerah longsoran tidak ada, yangramai hanya pada bagian dalam cafe.

“Talud ini berdiri sejak tahun 2004 itu sering longsor kecil dan langsung tutup pakai terpal, tapi kali ini yang parah sekali, “ ucapnya.

Pantauan Siwalimanews di lokasi longsoran terlihat warga disekitar lokasi sempat menutup sebagian ruas jalan tersbeut dnegan tujuan untuk membersihkan material longsoran. Pasalnya, material longsoran berupa pagar tembok dan talud serta atap cafe yang ambruk menutup sebagian jalan.

Warga sekitar serta beberapa karyuawan café serta anggota Bhabinkanthibmas serta personel Polsek Sirimau, bersama-sama membersihkan material longsoran dari badan jalan, serta menutup bekas longsoran dengan terpal, untuk mencegah longsoran susulan terjadi.(S-26)