PIRU, Siwalimanews – Penjabat Bupati Seram Bagia Barat Andi Chandra As’aduddin melepas sebanyak 123 jemaah calon haji kabupaten itu menuju ke tanah suci Mekkah.  Pelepasan JCH SBB tersebut ditandai dengan penyerahan bendera dari bupati kepada ketua kontingen di Gedung Hatutelu, Kota Piru, Kamis (15/6).

Bupati pada saat pelepasan meminta kepada setiap JCH untuk menjaga kekompakan dan kesehatan serta saling peduli satu sama lain . Untuk itu JCH yang paling mudah umurnya dapat membantu yang  sudah lanjut usia.

“Tolong perhatikan mereka di waktu kapan beristirahat di waktu kapan mau tidur, agar selalu terjalin kekompakan antara satu dengan yang lain, cek selalu setiap saat dan setiap hari,” pinta bupati.

Bupati juga mengingatkan, JCH SBB masuk dalam kloter embarkasi makassar langsung masuk Madinah, sehingga diharapkan jamaah haji selain menjaga kekompakan dan kesehatan juga tetap menjaga stamina dan jika ada kendala langsung hubungi tim kesehatan atau panitia.

“Kita harus saling tolong menolong, karena 40 hari kita di tanah suci. Sekali lagi, saling bantu-membantu, yang masih muda bantu jamaah yang tua, angkat barang dan sebagainya. Karena ada ujian-ujian masing-masing untuk kita, sebab kita semua keluarga, kita doakan berangkat sehat dan pulang dalam kondisi sehat juga. Terus menjaga kekompakan dan maksimalkan ibadah kita, baik di Madinah maupun di Mekkah.

Baca Juga: Komisi I: Kebijakan Rumahkan Tenaga Honorer Belum Pasti

“Lagi-lagi saya mengingatkan, jangan berlebihan dan tidak mendengarkan ketua regu, kelompok dan sebagainya. Karena di sana sudah banyak perubahan. Jangan muncul kesombongan di hati kita. Kalau ke masjid usahakan rombongan, kalau sama-sama bisa saling mengingatkan. Harap jalin hubungan kekeluargaan dengan baik,” pesan bupati.

Bupati juga mengharapkan, para JCH untuk mendoakan masyarakat SBB  agar daerah ini bisa terhindar dari berbagai bencana. Doakan, semoga pemerintahan bisa dijalankan dengan baik serta dapat terus melakukan pembangunan untuk masyarakat di bumi saka mese nusa.

Menurutnya, tahun ini pemkab memberangkatkan sebanyak 123 JCH dibandingkan dengan tahun lalu, dan jumlah ini lebih meningkat, mudah mudahan di tahun yang akan datang lebih meningkat lagi.

Untuk itu, selaku pemerintah daerah dan atas nama pribadi serta keluarga bupati menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat di bumi saka mese nusa, kita doakan semoga bapak dan ibu jamaah sehat selalu, mulai pemberangkatan, ibadah di tanah suci hingga kembali ke tanah air,” ucap bupati.(S-18)